Pengalaman Berharga Tim Mercedes Jip Indonesia Ikuti Sarawak 4x4 Jamboree 2018

Senin, 24/09/2018 19:45 WIB

mobilinanews (Samarinda) - Perjalanan panjang yang melelahkan telah berhasil ditempuh tim Mercedes Jip Indonesia. Usai mengikuti event Sarawak 4x4 Jamboree 2018 yang berlangsung selama 4 hari (13-16/9/18), rasa lelah terbayar dengan kepuasan dan kebanggaan.

Tim offroad Indonesia kembali mengirim wakilnya ke Negara Jiran Malaysia. Tahun ini gabungan tim Mercedes Jip Indonesia dan Adventura dengan 5 offroader asal Kalimantan Timur. Kelimanya yaitu Suwandi, Fazri Rahman, Isma Suhada, Firmansyah dan Gunawan.

Mengendarai jip Mercedes G Class 280GE dan Land Cruiser 80 Series perjalanan dimulai dari Samarinda, Kamis (6/9/18). Peserta dilepas dengan lagu Indonesia Raya dan doa di rumah dinas Walikota Samarinda, Syahriee Jaang.

Dari Samarinda menuju pelabuhan ferry Penajam, lanjut ke Tanah Grogot dan Tanjung. Dari Tanjung yang masuk Kalimantan Selatan, tim menuju Palangkaraya di Kalimantan Tengah. Rutenya melalui jalan gravel milik perusahaan batubara dan jalan negara. Selanjutnya ke Sampit dan kota Sosok di Kalimantan Barat.

Perbatasan Lintas Batas Negara (PLBN) di Entikong dan Tebedu di Malaysia harus memiliki dokumen lengkap. "Kalau tidak lengkap, jangan harap bisa lolos ke negara tetangga. Lampirkan juga undangan dari panitia di Malaysia," saran Suwandi berbagi pengalaman.

Kota Kuching di Sarawak menjadi base camp terakhir, Selasa (11/9/18). Esoknya tim bergerak dari Kuching ke kota Sibu sejauh 330 km yang ditempuh 7 jam perjalanan. Inilah lokasi flag off dari event Sarawak 4x4 Jamboree ketiga yang diikuti offroader dari Malaysia, Indonesia, Thailand, Switzerland, Vietnam, dan Brunei.

Ada yang menarik dari Tim Indonesia. Peralatan yang dibawa terlengkap dari peserta lain. "Karena perjalanan jauh, jadi banyak properti dan tool dibawa. Tenda camping yang kami bawa terlengkap dibanding tim lain. Bahkan ada kipas angin biar gak kepanasan dan inverter listrik kapasitas mumpuni," cerita Suwandi.

Total perjalanan pulang dan pergi sekitar 6000 km. Akhirnya Tim Mercedes Jip Indonesia dinobatkan sebagai Furtherest Overlander of the Year 2018. Tahun lalu, award serupa juga dinobatkan di event Borneo Safari ke-27 Tahun 2017.

"Hampir semua peserta diserang tawon kelulut, namun tidak menyengat pada saat di dalam hutan. Ajang ini positif untuk menambah teman baru dengan berbagai negara serta  perjalanan mengesankan," pungkas Suwandi. (bangve)

TERKINI
Motor Benelli Leoncino 250 Dijual Nyaris Seharga Motor 155 Cc, Harga Mulai Rp30 Jutaan! AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata