MOBIL STORY: Generasi Ketiga Toyota Kijang (1986 - 1996) Bagian 1

Kamis, 27/09/2018 09:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Sejarah mobil keluarga Indonesia dimulai dari generasi pertama Toyota Kijang pada 1975 – 1981. Dilanjutkan generasi kedua yang mulai dijual dan diproduksi pada 1981 – 1986.

Pada akhir 1986 sampai 1996, model Toyota Kijang generasi ketiga mulai dijual. Kijang generasi ini bentuknya lebih melengkung pada lekukannya sehingga tampak lebih modern.

Boleh jadi generasi ketiga yang dikenal dengan nama Kijang Super ini menjadi awal sebuah kesuksesan besar Toyota dalam memproduksi mobil keluarga modern Indonesia.

Kijang di masa ini mendominasi pasar kendaraan penumpang produksi dalam negeri, penjualannya melejit di atas kendaraan penumpang tanpa bonnet lainnya.

Konsep Kijang sebagai kendaraan angkut mulai bergeser menjadi kendaraan penumpang. Pada generasi ini juga masih terdapat varian pick up, meski tidak lagi menjadi konsep utama Toyota Kijang seperti generasi sebelumnya.

Toyota menawarkan dua tipe yakni tipe Super Kijang dan Grand Extra dengan memiliki life cycle cukup panjang, mencapai lebih dari satu dekade dibandingkan generasi sebelumnya.

Desain mobil ini memiliki bentuk lebih manis dan halus, tidak kaku lagi dibandingkan generasi sebelumnya.

Teknologi full pressed body diperkenalkan untuk menekan penggunaan dempul dalam proses pembuatannya hingga 2–5 kg dempul per mobil.

Mesin pada awal generasi ini masih memakai tipe 5K yang memiliki tenaga lebih tinggi yakni 63 HP dari sebelumnya 61 HP.

Transmisinya menghadirkan pilihan 5 percepatan dan 4 percepatan, dari sebelumnya yang hanya memakai 4 percepatan.

Pada generasi ketiga ini, Toyota Kijang memiliki varian yang cukup luas yakni varian Commando dan Ranger.

Varian Commando sebagai ciri Toyota kijang generasi ini memiliki 4 pintu dengan plihan :
Commando LSX (KF50 - 5 speed, Rem cakram depan).
Commando SSX (KF40 - 5 speed, Rem cakram depan).
Commando LX (KF50 - 4 speed).
Commando SX (KF40 - 4 speed).

Namun ada juga varian "Ranger" yang memiliki ciri memiliki 3 pintu dengan kode sasis KF40 dengan lima percepatan (SSX), serta menggunakan sistem penghenti laju rem cakram pada bagian depan.

Varian 3 pintu ini sangat jarang ditemukan, karena diproduksi hanya selama 3 tahun, antara 1987 sampai 1990 .

Pada generasi ketiga ini Toyota Kijang selain punya life cycle lebih lama juga menawarkan varian dan penyegaran paling banyak. (anto)

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok