Pakai Mesin Baru, Nyetir Grand New Avanza Jadi Lebih Seru

Minggu, 30/09/2018 11:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Toyota Grand New Avanza hadir pada 2015 dengan ragam penyegaran dan penyempurnaan.

Salah satunya pakai mesin baru yang bikin nyetir Grand New Avanza jadi lebih seru. Mengusung All new Dual VVT-i Engine, performa mesin irit bahan bakar yang lebih bertenaga dan terbukti ketangguhannya.

Grand New Avanza 2015 mengusung mesin baru berkode 1NR yang menghasilkan efisiensi bahan bakar mencapai 15 persen dari model Avanza sebelumnya. 

Mesin empat silinder segaris ini mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 96.5 HP pada 6.000 RPM dan Torsi maksimum sebesar 12.3 kgm pada 4.200 RPM. 

Besaran keluaran tenaga ini terbukti sangat pas untuk berkendara harian di perkotaan maupun daerah sub urban.

Penyematan sistem bahan bakar elektronik pada mesin DOHC berkapasitas 1.329 cc ini mampu menciptakan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Teknologi Dual VVT-i merupakan teknologi yang dapat mengatur timing katup intake manifold dan katup exhaust secara komputerisasi (ECU) berdasarkan rangkuman berbagai sensor. 

Diantaranya sensor rpm, kecepatan berkendara, suhu udara dan lainya. 

Proses mensinnya, katup intake dan exhaust pada dual VVT-i memiliki banyak kemungkinan waktu terbuka dan tertutup secara bersamaan. Sehingga gas buang tidak sepenuhnya dibuang melalui exhaust. 

Selain untuk menekan emisi, gas buang yang disisakan diruang bakar ditujukan untuk menambah daya dorong piston kebawah lebih kuat lagi. 

Dengan dorongan piston lebih kuat, tenaga yang distribusi makin kuat. Apalagi fitur indikator ECO yang berguna memberikan tanda ketika mengemudi. 

Bila kecepatan dan putaran konstan berada di bawah 4.000 RPM maka indikator berwana hijau yang ada di speedometer akan menyala, menandakan mengemudi masuk kriteria hemat BBM. (anto)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag