Wah, All New Suzuki Jimny Hanya Raih Tiga Bintang Uji Tabrak Euro NCAP

Minggu, 30/09/2018 12:32 WIB

mobilinanews (London) - Euro NCAP melakukan serangkaian uji coba keamanan yang melibatkan benturan dari berbagai sisi pada mobil yang diuji untuk menentukan peringkat kelayakan sebuah mobil dari segi keselamatan penumpang. 

Belum lama ini Euro NCAP mengumumkan penilaian peringkat dari salah satu mobil terbaru yang cukup ikonik yakni All New Suzuki Jimny 2018, dimana mini SUV ini hanya raih peringkat tiga bintang. 

Artinya, dari segi keamanan dan keselamatan Jimny baru terbilang masih cukup aman. Namun untuk sebuah mobil baru, nilai ini tergolong kurang memuaskan.

Ketika diuji tabrakan frontal, kompartemen penumpang Jimny sangat terdistorsi, terutama di sekitar rangka pintu. 

Sementara efek pengujian terhadap boneka dummy menunjukkan perlindungan yang baik terhadap paha dan lutut, namun perlindungan yang buruk dialami dada pengemudi.

Sedangkan uji coba pada sisi samping, perlindungan benturan terhadap kepala boneka dummy penumpang belakang dinilai lemah, dan perlindungan untuk dada penumpang belakang dinilai kurang aman. 

Namun, bagian terburuk dari semua ini adalah kurangnya tekanan pada saat kantung udara pengemudi mengembang sehingga menyebabkan kepala boneka dummy menyentuh kemudi.

Uji coba sistem pengereman darurat otonom (AEB) tampaknya menunjukkan kinerja yang lemah dalam menghindari pejalan kaki di siang hari dan tidak bekerja dalam keadaan minim cahaya. 

Sistem ini juga tidak dapat bereaksi terhadap pengguna jalan yang bergerak cepat seperti misalnya menghadapi pengendara sepeda.

“Kinerja Suzuki Jimny dalam uji coba tidak mencerminkan tampilan eksteriornya yang terlihat kekar,” jelas Matthew Avery, Direktur penelitian di Thatcham Research dikutip pada publikasi EuroNCAP (25/9).

Menurutnya sebagai kendaraan yang benar-benar baru, All New Suzuki Jimny seharusnya menawarkan perlindungan yang jauh lebih baik jika terjadi kecelakaan. 

Begitu juga dengan teknologi keamanannya yang berdasarkan hasil pengujian tidak berfungsi secara optimal. (anto) 


 

TERKINI
Motor Benelli Leoncino 250 Dijual Nyaris Seharga Motor 155 Cc, Harga Mulai Rp30 Jutaan! AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata