KIA Motors Kenalkan Kendaraan Militer Serbaguna Mirip Humvee

Senin, 01/10/2018 09:01 WIB

mobilinanews (Seoul) – Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, KIA Motors belum lama ini kenalkan jenis kendaraan militer serbaguna yang mirip Humvee, kendaraan militer taktis buatan Amerika Serikat.

KIA Light Tactical Vehicle atau KLTV ini memiliki tampilan yang menyerupai AM General Humvee. Begitu juga fungsinya, KLTV dapat melakukan apa saja yang juga dapat dilakukan Humvee

Termasuk melibatkannya dalam tugas mengirim pasukan menuju berbagai lokasi tujuan dengan medan berat yang sulit dilalui.

Model yang diproduksi saat ini adalah generasi ketiga yang diproduksi untuk kebutuhan militer. 

Rancang bangunnya pun mirip Humvee. KLTV berbasis platform modular yang memungkinkan berbagai konfigurasi bodi. 

Sehingga prokurator pertahanan dapat menyesuaikan kendaraan tersebut dengan berbagai pengaturan yang dibutuhkan dan menawarkan kapasitas muatan hingga tujuh ton.

Dalam berbagai pilihan konfigurasi, KLTV didukung mesin utama Turbodiesel bertenaga 225 HP yang disalurkan pada keempat rodanya melalui transmisi otomatis delapan percepatan. 

KLTV yang punya spesifikasi kendaraan lapis baja komando KLTV141 ini diklaim mampu menaiki 60 persen gradien dan melintasi sungai hingga kedalaman 0,762 meter.
 
Saat ini selain KLTV, pesaing Humvee lainnya yang mirip datang dari Iveco Light Multirole Vehicle (LMV) buatan Italia, URO VAMTAC produksi Spanyol, Tiuna UR-53AR50 dari Venezuela dan GAZ Tigr buatan Rusia. 

Sejumlah merek kendaraan penumpang lainnya juga pernah membuat rancangan kendaraan militer, diantaranya produsen supercar Lamborghini melalui SUV LM002 dan Toyota dengan Mega Cruiser.

Ternyata pasar kendaraan militer serba guna punya potensi menarik untuk dilirik. (anto)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag