Toyota Segera Adopsi Konektivitas Android Auto

Senin, 01/10/2018 10:01 WIB

mobilinanews (Tokyo) – Bertahan sekian lama, Toyota memutuskan akan segera adopsi konektivitas Android Auto pada sejumlah kendaraannya, seperti dilansir Bloomberg (27/9).

Seorang narasumber Bloomberg menyebut bahwa Toyota akhirnya mengesampingkan masalah keamanan yang berkaitan dengan Android Auto

Kedepannya, pengguna Android dapat segera menghubungkan perangkat mereka di model-model terbaru Toyota setelah peluncuran dukungan untuk Apple CarPlay pada Januari 2019 mendatang.

Toyota menyadari meningkatnya permintaan akan dukungan Android Auto dan perusahaan sedang mempertimbangkan untuk menerapkan teknologi ini,” sebut  seorang juru bicara perusahaan kepada Bloomberg.
 
Namun hingga kini Toyota maupun Google menolak untuk berkomentar lebih banyak tentang hal ini. Meskipun sumber lainnya menyebut bahwa kepastian dapat saja diumumkan lebih cepat pada Oktober ini.

Selama ini pengguna Android hanya dapat melakukan interaksi antara perangkat mereka dengan sistem infotainment Toyota melalui SmartDeviceLink yang dikembangkan oleh Ford.

Sistem ini dapat mengendalikan dan membatasi apa yang ditampilkan di layar, tentunya membawa kerumitan yang seharusnya tidak dialami penggunanya jika Toyota mengadopsi Android Auto sejak awal.

“Keputusan itu dilakukan demi kepentingan konsumen, terutama untuk melindungi privasi,” sebut Mark DeJongh, Executive Program Manager Toyota Avalon mengenai penolakan Toyota sebelumnya untuk mengadopsi dukungan Android Auto.
 
Sejak awal Apple CarPlay dan Android Auto diperkenalkan, keduanya telah menjadi salah satu nilai jual tinggi bagi kendaraan baru. 

Meskipun teknologi ini mendapatkan beberapa penolakan dari beberapa produsen tertentu, salah satunya Porsche, namun kini keduanya telah tersebar luas di berbagai industri.

Ditunggu kehadirannya pada model-model terbaru Toyota di Indonesia. (anto)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag