MOBIL STORY: Generasi Keempat Toyota Kijang (1997 - 2004) Bagian 2

Kamis, 04/10/2018 07:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Sejarah mobil keluarga Indonesia dimulai dari generasi pertama Toyota Kijang pada 1975 – 1981. Dilanjutkan generasi kedua yang mulai dijual dan diproduksi pada 1981 – 1986

Pada akhir 1986 sampai 1996, model Toyota Kijang generasi ketiga mulai dijual. Kijang generasi ini bentuknya lebih melengkung pada lekukannya sehingga tampak lebih modern. 

Setelah sebelas tahun bertahan dengan rancangan generasi ketiga, Kijang meluncurkan model berikutnya dengan perubahan pada eksterior dan interiornya menjadi lebih aerodinamis pada 1997. 

Model ini akrab dijuluki Kijang Kapsul dengan total varian awalnya mencapai 18 model dengan pilihan sasis panjang atau pendek dan mesin bensin atau diesel.

Era Kijang Kapsul disempurnakan menjadi Kijang Krista, dimana tampilannya semakin modern berkat aplikasi lampu model diamond-cut.

Perubahn ini dinamai New Kijang EFI (Electronic Fuel Injection) dengan mengubah desain lampu menjadi lampu model kristal.

Desain baru ini menghilangkan lampu kabut built-in yang terdapat pada tipe LGX atau SGX sebelumnya. 

Lampu model ini juga diaplikasi pada lampu belakang, desain bumper baru dan juga desain pelek yang berbeda.

Melengkapi fitur keselamatan ditambahkan peranti sabuk keselamatan atau seatbelt pada jok penumpang bagian tengah untuk varian SSX atau LSX dan SGX atau LGX. 

Selebihnya hampir sama dengan sebelumnya, ditambah opsi pelek racing lingkar 15 inci bahan alloy merek Enkei tersedia untuk varian LSX dan SSX. 

Facelift alias penyegaran tampilan terakhir yakni mengubah bentuk lampu depan, lampu belakang diberi pernik ala Toyota Land Cruiser. 

Tambahannya berupa bumper desain baru, kelir interior baru, desain setir baru serta menghilangnya varian Diesel tipe sasis pendek dan varian mesin 1.800 cc untuk tipe Krista.

Penyegaran ini semakin menambah nilai lebih bagi sebuah mobil keluarga yang menjadi cikal bakal jenis kendaraan MPV alias Multi Purpose Vehicle. (anto)

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing