Rio Haryanto: Balapan GT4 Berbeda dengan F1

Selasa, 09/10/2018 18:37 WIB

mobilinanews (Shanghai) - Pembalap Indonesia Rio Haryanto ikut mencicipi kejuaraan SIC888 di Shanghai International Circuit dan bergabung dengan tim Absolute Racing bersama dua pembalap Indonesia lainnya, Andrew Haryanto dan Anderson Tanoto.

Sejauh ini, Rio mengaku sangat menikmatinya, namun tentunya kejuaraan ini berbeda dengan balapan-balapan lain yang pernah diikuti Rio termasuk Formula 1.

"Saya kira perbedaan terbesar jelas tingkat downforce. Di F1 atau open-wheel single-seater, Anda memiliki aero dan downforce yang besar dibanding mobil-mobil di sini. Saya harus beradaptasi dengan mobil GT. Cara mengemudikannya sedikit berbeda. Tapi secara keseluruhan, setelah beberapa sesi saya sudah mulai terbiasa dengan mobil ini," kata Rio.

Selain itu, Rio menambahkan bahwa balapan ketahanan tidak seperti balapan-balapan lain. "Anda harus benar-benar menjaga mobil di lintasan. Anda tidak bisa merusak mobil dan harus menghindari masalah. Ini balapan yang panjang dan kita berbagi mobil dengan pembalap-pembalap lain," bebernya.

Lepas dari F1, Rio Haryanto memang lebih sering mengikuti beberapa tes di Super Formula dan juga Formula E. Ia membenarkan saat ini terus mencari kesempatan untuk kembali ke balapan, alasan ini pula yang membuat Rio ikut ambil bagian di Shanghai untuk balapan GT4 bersama pembalap-pembalap Indonesia lainnya. (adr)

TERKINI
Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta