Begini Persiapan Berkendara di Musim Hujan ala Toyota

Senin, 15/10/2018 11:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Memasuki bulan Oktober intensitas hujan sudah mulai meningkat. Beberapa hari belakangan ini hujan sudah mulai turun walaupun belum merata.

Berbeda disaat musim kemarau, di musim hujan cara berkendara pun mesti berubah. Kondisi bisa berbeda, seperti jalan yang lebih licin sehingga harus lebih waspada.

Pada laman resminya, Toyota Astra Motor memberikan persiapan berkendara di musim hujan, dimana kondisi mobil pun dituntut harus prima. 

Semisal karet wiper yang sudah tidak bagus sehingga tidak bisa membersihkan kaca depan secara optimal, sehingga pandangan ke depan pun terganggu.

Pertama adalah karet wiper, pastikan kinerja karet wiper bisa menyapu air hujan dengan maksimal, khususnya saat hujan deras.

Kalau sudah getas atau mulai sobek, segera ganti yang baru. Ganti kedua sisi dengan karet wiper orisinal Toyota agar hasilnya optimal.

Jangan lupa cek kondisi air pembersih kaca. Jika kosong, isi dengan cairan khusus pembersih kaca mobil agar membantu membersihkan kaca depan secara optimal.

Yang kedua adalah ban. Tapak ban yang sudah menipis pun bisa menyebabkan hilangnya grip ketika melewati jalan basah yang licin, rentan menyebabkan kecelakaan.

Perhatikan tingkat ketebalan telapak ban dengan berpedoman pada Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil.

Jika sudah aus atau menipis wajib diganti baru. Jika tapak ban habisnya tidak merata, berarti ada masalah di kinerja sistem suspensi. Lakukan spooring ban mobil sekaligus balancing untuk menjaga performa ban. 

Gejala aquaplaning atau ban mobil kehilangan daya cengkeram ke jalan akibat adanya lapisan air di atas aspal bisa membuat mobil tidak bisa dikendalikan dan tergelincir.

Rem mobil pun harus dicek, karena pada saat melalui jalan basah, rem akan bekerja ekstra untuk menghentikan laju mobil.

Pastikan kampas rem masih bagus dan tidak ada kebocoran minyak rem serta kontrol kapasitas minyak rem di tabung master rem.

Untuk pemeriksaan menyeluruh yang lebih detail, bisa datangi bengkel resmi Toyota terdekat di wilayah anda. (anto)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap