Kawasan BSD City Disiapkan Jadi Sentra Balapan Otomotif di Barat Jakarta

Kamis, 18/10/2018 21:31 WIB

mobilinanews (Tangerang) – Suksesnya penyelenggaraan street race di kawasan BSD City pada 2017 lalu rupanya bakal berlanjut tahun ini.

Bahkan di kawasan BSD City dan sekitarnya ini nantinya akan dijadikan sentra balapan otomotif yang ada di Barat Jakarta.

“Nantinya daerah BSD mau dijadikan daerah penyelenggaraan balapan dan olahraga outdoor,” ujar Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Tangerang sebagai penyelenggara yang ditemui mobilinanews di Pendopo Tangerang pada Kamis (18/10). 

Zaki sapaannya, berkisah sebelumnya sudah sejak lama ada banyak kegiatan otomotif khususnya balapan di BSD City hingga akhirnya di ICE BSD dijadikan pameran otomotif terbesar.
 
“Saya tawarkan ke Sinarmas pada 2016 supaya ada kegiatan otomotif lagi yakni street race, akhirnya terwujud di 2017 sekaligus untuk mendukung event GIIAS,” jelas pria yang juga pembalap mobil ini.

Hingga pada 1-2 Desember nanti seri ke-7 ISSOM 2018 dengan konsep street race kembali digelar. Zaki menyebut bahwa segalanya sudah disiapkan.

Mulai dari izin keramaian polisi, koordinasi dengan pihak pengembang, sponsor hingga racing committe dari Sentul International Circuit.

Menurutnya, lokasinya nanti adalah daerah bukaan baru, dimana konsep ini telah ditawarkannya ke wilayah pengembangan yang lain.

“Ada satu yang siap menerima konsep ini, tapi harus menunggu infrastruktur berjalan dan alternatif jaringan jalan akses pemukiman di sekitarnya,” tambah Zaki. 

Ayah dua putra ini juga menyebut target pada 2020 akan ada dua seri balapan mobil, satu masih di kawasan BSD City dan satu lagi disiapkan tidak jauh dari Tol Tigaraksa. 

Sementara untuk balap motor akan diarahkan ke area Puspen Tiga Raksa, karena lokasinya milik sendiri. 

“Tujuannya Sport Entertainment. Jadi di timur ada Sentul, di barat ada Tangerang. Sudah ada pembicaraan dengan pengembang, tapi sedang bicara (nilai) ekonominya,” tutup Zaki.

Tentunya dengan kehadiran dua lokasi penyelenggaraan balapan ini akan menaikkan potensi pariwisata di wilayah ini. Dunia balapan pun diyakini akan semakin berkembang. (anto)

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing