Strategi Ini Berhasil Antarkan H.Rihan Variza Raih Podium 2 Best Overall di Serang

Senin, 29/10/2018 15:16 WIB

mobilinanews (Tembong Jaya) – Setelah sempat mengalami insiden mobilnya klonthang (terbalik) pada seri 2 lalu, dan sempat dibawa ke rumah sakit Medistra Jakarta, ternyata tak H. Rihan Variza patah arang.

 Didampingi navigator setianya, Boy Marta Dinata, pembalap asal Binuang, Kalimantan Selatan tersebut kembali unjuk kebolehan pada seri 3 Kejurnas Speed Offroad di sirkuit Tembong Jaya, Serang, Sabtu-Minggu (27-28/10/2018).

 Hasilnya, sangat memuaskan. H. Rihan dan Boy merebut juara kedua kelas Open Championship, alias hanya kalah dari “bocah ajaib” Doni Saputra dari tim BJM Batulicin, Kalsels sebagai juara 1.

 Bagaimana H. Rihan mempersiapkan kembali mentalnya, mobilnya, dan menata kesiapannya, berikut penuturan Boy Marta Dinata, co-pilotnya :

 “Pada sore 3 ini,  H.Rihan berusaha mempersiapkan dan memperbaiki kendaraannya setalah insiden terbalik pada seri 2 lalu di sirkuit yang sama. Mulai dari membuat bodi baru hingga order  spare parts langsung ke Amerika yang rusak dan harus diganti.

 Hanya mempunyai waktu 1 bulan untuk membuat mobil tersebut kembali fit dan proper menjelang seri 3. Alhamdulillah, waktu yang ada dapat kita gunakan semaksimal mungkin dan mobil menjadi siap untuk mengikuti event.

 Pada sesi unofficial practice,  kita testing untuk kondisi mobil. Ada beberapa PR lagi buat kita mensetting mobil tersebut untuk bisa kompetitif. Terutama pada sistem suspensi yang kemarin sempat bengkok dan harus memeperbaikinya.

 Alhamdulillah sampai akhir sesi latihan tersebut bisa kita atasi dan memaksimalkan sistem suspensi.

 Namun pada sore harinya, setelah selesai sesi latihan, kita mendapatkan satu masalah pada gardan depan. Gear pinion pada gardan depan ada yang patah dan mengakibatkan gardan depan kita pecah (crack) pada casingnya.

 Akhirnya kita berusaha memperbaiki dan menggantinya. Setelah itu, kita testing lagi pada hari jumat sorenya. Tetapi masih ada masalah pada gardan depan tersebut, yang mengakibatkan kopel depan tidak balance dan masih ada getaran pada kopel depan.

 Kita pun akhirnya melemburkan para mekanik dan kru untuk mengatasi hal tersebut. Pada malam hari masalah tersebut dapat diatasi. Dan kita siap untuk menjalankan SS1 pada Sabtu pagi.

 Pada SS, kita masih sedikit ragu dan ditambah masih ada rasa trauma pada belokan di mana kita terbalik pada seri sebelumnya. Kita mencoba semaksimal mungkin untuk dapat mengatasi rasa trauma tersebut dan hanya berhasil finish ke-6 overall.

 Dan, masalah tak berhenti sampai di situ Saat finish, kami mencium bau seperti oli terbakar. Lalu menceritakan kepada mekanik untuk dapat mencari sumber bau oli tersebut.

 Akhirnya berhasil menemukan, oli tersebut dari gardan depan yang bearingnya mengalami kerusakan mengakibatkan oli gardan  masuk ke sela-sela bearing dan ikut terbakar karena panasnya putaran gear pinion dan yok kopel.

 Pada siang hari, kami mencoba mengganti dengan minta bantuan pada tim JRT untuk bearing tersebut. Dan berhasil diganti untuk menjalani SS2 pada siang harinya

 SS2 kami jalanin dengan semaksimal mungkin dan berusaha mencatat waktu terbaik, tetapi masih berada pada posisi 6. Kendaraan sedikit getar dan susah handlingnya karena kopel masih ada spelengnya.

 Akhirnya mekanik dan kru membongkar lagi gardan dan kopel depan pada sore hingga malam hari.

 SS3 kami lebih berhati-hati supaya mobil masih fit untuk menjalani SS selanjutnya. Dan catatan waktu kami lumayan baik dan berhasil naik ke peringkat 5 overall.

 SS6 kami berusaha semaksimal mungkin untuk bisa finish dan  masuk best 20 overall agar dapat masuk Open Championship 20 (sebelumnya Best of The Best). Dan kami berhasil finish ke 5 sehingga lolos Open Champ.

 Pada SS5 dan 6 (Best Overall Open Champ)  kami terapkan strategi tampil all out menggeber mobil supaya menjadi yang terbaik. Alhamdulillah, kami bisa mendapatkan posisi 2 best overall.

 Sekali lagi kami menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada seluruh anggota tim, para mekanik, kru serta seluruh pendukung tim BMB Motorsport. (budsan)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap