Carlos Ghosn, Berperan Lahirkan Kembali Merek Datsun di Indonesia

Kamis, 22/11/2018 20:27 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Carlos Ghosn adalah sosok yang berjasa membangkitkan kembali kejayaan Nissan mulai era 2000-an.

Di Indonesia sendiri, pria berdarah Lebanon – Brazil ini mulai dikenal sejak 2012. Dimana ketika itu Carlos Ghosn berperan lahirkan kembali merek Datsun untuk pertama kalinya di Indonesia. 

Hal ini disampaikannya langsung sebagai Chief Executive Officer (CEO) Nissan-Renault ketika itu di Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta Selatan pada 20 Maret 2012. 

Datsun saat itu diposisikan masuk dalam program Low Cost and Green Car (LCGC) yang tengah dicanangkan pemerintah.

"Hari ini, Indonesia menjadi negara pertama mengumumkan kembalinya Datsun ke dunia otomotif," ujarnya di hadapan para media ketika itu. 

Dalam sambutannya Ghosn menyebut Datsun adalah bagian dari sejarah Nissan di dunia, termasuk Indonesia. 

Sebagai permulaan, produksi Datsun akan fokus di tiga negara yaitu Indonesia, India dan Rusia. 

Realisasinya pun berjalan sesuai rencana, Datsun hingga kini sudah diproduksi di Pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat. 

Nissan menjadi merek paling lengkap Indonesia, yakni Datsun menyasar ke pasar level bawah, Nissan di level menengah dan Infiniti untuk segmen premium. 

Pada perkembangannya hingga kini, Infiniti tidak lagi menunjukkan aktivitasnya. Sementara Nissan dan Datsun masih terus berjuang mencetak angka penjualan yg signifikan. (anto) 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap