Segmen Komersial Melonjak, Pertumbuhan Industri Otomotif Tertolong Proyek Infrastruktur

Selasa, 27/11/2018 12:26 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Pertumbuhan industri otomotif nasional dalam tiga tahun terakhir bisa dibilang terus meningkat, salah satunya karena tertolong proyek infrastruktur yang digencarkan Pemerintah. 

“Pembangunan infrastruktur yang baik juga mendorong peningkatan pertumbuhan di otomotif,” ujar Yohanes Pratama, General Manager Sales Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dalam sebuah diskusi di Jakarta (21/11), dikutip dari Medcom.  

Menurutnya penjualan seluruh jenis produk mencatatkan peningkatan rata-rata 10 persen. Kebijakan pemerintah melalui over dimension maupun over loading policy juga turut mendorong perkembangan bisnis di sektor ini. 

Hingga akhir Oktober 2018 Isuzu telah memasarkan 962.818 unit dengan jenis niaga yang menjadi penjualan tertinggi sebesar 232. 000 unit. 

Peningkatan ini terjadi karena kondisi komoditas di Tanah Air yang membaik, imbasnya kebutuhan akan kendaraan jenis angkutan barang jadi meningkat. 

“Infrastruktur masif komoditas membaik, peningkatan akan kelihatan duluan pada heavy truck, medium truck kemudian light truck akan menyusul,” tambahnya. 

Sementara segmen kendaraan jenis low pick-up masih memegang catatan penjualan tertinggi dengan 89.436 unit disusul kendaraan light truck dengan 65.960 unit.

Yohanes optimistis target pertumbuhan industri otomotif bakal tercapai hingga akhir 2018.

Inovasi teknologi juga terus dilakukan dengan tetap memperhatikan regulasi pemerintah sepeti emisi gas buang, pengunaan energi terbarukan serta kebijakan pembatasan usia kendaraan.

“Dibanding tahun lalu, mobil niaga bertumbuh 25 persen, light truck vehicle tumbuh 15-16 persen. Sampai akhir tahun kami masih optimistis karena permintaan terus meningkat,” sebutnya. (anto) 
 

TERKINI
Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok Chery dan Revolusi Produk di Beijing Auto Show 2024, Ada TIGGO 9 PHEV!