Asik, Siaran F1 2019 Bakal Terapkan Teknologi Baru Untuk Manjakan Penonton

Rabu, 05/12/2018 12:58 WIB

mobilinanews (Las Vegas) - Formula 1 musim 2019 mendatang akan menerapkan teknologi baru (Artificial Intelligence) dalam siaran F1. Teknologi AI ini memunculkan grafik informasi baru di tengah balapan.

Bekerja sama dengan Amazon Web Services (AWS), F1 sudah memakai teknologi terbaru untuk menampilkan beragam informasi dari setiap mobil kepada penonton televisi seluruh dunia.

Pengenalan teknologi ini dipresentasikan langsung oleh Ross Brawn di Las Vegas, Amerika Serikat. Ia mengungkapkan teknologi dari Amazon bernama Sagemaker ini dipakai untuk memunculkan grafik baru, salah satunya seperti informasi suhu ban.

"Mulai musim depan, kami akan memperluas fitur F1 Insights pada para pemirsa, dengan mengintegrasikan data telemetri seperti posisi mobil, kondisi ban, bahkan cuaca," terang Brawn.

Brawn menambahkan penggunaan Sagemaker juga bertujuan untuk memprediksi performa mobil, pit stop, dan strategi balapan. Jadi di siaran F1 nanti, akan ada integrasi teknologi kecerdasan buatan yang menarik untuk disaksikan.

"Nanti kita bisa tahu apakah pembalap sedang kesulitan: misal, karena bannya terlalu panas. Kita bisa melihat sejarah pemakaian ban, bagaimana mereka mengelolanya, serta posisinya dalam balapan. Teknologi pembelajaran mesin akan membantu kita menganalisis situasi tersebut lebih tepat," beber Brawn.

Dengan grafis tersebut, penonton juga bisa mengetahui kondisi jika pembalap idola mereka sedang ada masalah atau tidak.

Contoh terakhir yang diperlihatkan Brawn adalah analisis pit stop. Penonton juga akan langsung mengetahui implikasi dari strategi yang diterapkan setiap pembalap.

"Melakukan pit stop di momen dan dengan kompon yang tepat, bisa menjadi kunci kemenangan," paparnya. (adr)

TERKINI
Tips Membeli Mobil Matic Bekas dengan Cerdas untuk Kebutuhan Mobilitas Sehari-hari OnePrix 2024 Palopo : Andi Gilang Main di Home Race, Digadang Berjaya Di Tanah Kelahiran Bulukumba Sulawesi Selatan Penjualan Suzuki Melonjak 14 Persen di Maret 2024, Cermin Meningkatnya Kepuasan Pelanggan Ban Goodyear Kini Hadir di B-Quik, Berik anKenyamanan Lebih Untuk Konsumen