Toyota Dukung Pendidikan Konservasi Keanekaragaman Hayati di Gorontalo

Jum'at, 07/12/2018 22:44 WIB

mobilinanews (Gorontalo) - Toyota Motor Corporation (TMC) melalui afiliasinya di Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), mendonasikan mobil Toyota HIACE kepada Burung Indonesia (anggota jaringan kemitraan global BirdLife International).

Tujuannya, untuk mendukung survei keanekaragaman hayati dan kegiatan pendidikan konservasi di sekitar lokasi kerjanya di Bentang Alam Popayato-Paguat, Provinsi Gorontalo

Kendaraan ini akan digunakan Burung Indonesia mendukung tim survei, mempromosikan pendidikan lingkungan untuk masyarakat pedesaan dan perkotaan serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan di kalangan generasi muda di wilayah tersebut.

Upaya ini merupakan bagian dari kerja sama antara Toyota Motor Corporation (TMC) dan BirdLife International serta Burung Indonesia di bawah visi Toyota Environmental Challenge 2050.

 Dengan visi ini Toyota menargetkan pembangunan "masyarakat masa depan yang selaras dengan alam". 

TMC telah menyumbangkan 4 mobil per tahun kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terpilih yang bergerak di bidang lingkungan di seluruh dunia selama 5 tahun sejak 2016. 

Mobil yang disumbangkan dipergunakan mendukung upaya konservasi keragaman hayati terkait International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List, daftar paling komprehensif mengenai spesies terancam punah.

 Akses menuju habitat spesies dalam daftar tersebut biasanya harus melalui medan yang berat. 

Pada Maret 2018, Toyota telah menyumbangkan 1 unit Hilux ke LSM lingkungan lainnya di Indonesia, untuk tujuan konservasi lingkungan yang sama.

Penyerahan donasi kendaraan secara simbolis dilakukan di Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

 Turut menghadiri acara ini antara lain Pejabat Pemerintahan terkait;  Rektor UNG, Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd; Direktur Eksekutif Burung Indonesia, Dian Agista; Vice President Toyota Daihatsu Engineering Manufacturing (TDEM), Yoshiaki Ishimoto dan beberapa perwakilan dari TMMIN.

Yoshiaki Ishimoto, Wakil Presiden TDEM menyatakan,Toyota ingin berkontribusi untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan seperti yang dituangkan dalam Toyota Environment Challenge 2050.

"Untuk mencapai hal ini, kami berusaha untuk membangun hubungan kerjasama dengan organisasi yang berkecimpung di dalam aktivitas pelestarian lingkungan. Mobil yang disumbangkan ini merupakan salah satu dari banyak langkah yang kami ambil," ujar Yoshiaki.

Mobil ini akan digunakan dalam upaya konservasi termasuk edukasi tentang spesies yang terancam punah seperti yang ada pada Daftar Merah International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Di kesempatan sama, Toyota juga mendonasikan alat peraga pendidikan berupa dua unit mesin utuh (1 mesin tipe NR dan 1 mesin tipe TR) serta 1.000 bibit pohon multiguna endemik Gorontalo kepada Universitas Negeri Gorontalo. (hilary)

TERKINI
Tips Membeli Mobil Matic Bekas dengan Cerdas untuk Kebutuhan Mobilitas Sehari-hari OnePrix 2024 Palopo : Andi Gilang Main di Home Race, Digadang Berjaya Di Tanah Kelahiran Bulukumba Sulawesi Selatan Penjualan Suzuki Melonjak 14 Persen di Maret 2024, Cermin Meningkatnya Kepuasan Pelanggan Ban Goodyear Kini Hadir di B-Quik, Berik anKenyamanan Lebih Untuk Konsumen