Sirkuit Lanay Jaya Kutai Barat Bergema di Akhir Tahun

Selasa, 18/12/2018 20:45 WIB

mobilinanews (Kutai Barat) - Punya sirkuit balap motor permanen tentunya harus sering diadakan kejuaraan. Kalau tidak, sirkuit menjadi nganggur tak terpakai. Salah satunya yang berpotensi menggelar event adalah promotor lokal.

Seperti Sirkuit Lanay Jaya di Kecamatan Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur. Sirkuit Terbaik Kedua setelah Binuang di pulau Borneo ini menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Sayang jika tak terpakai dan dimanfaatkan.

Inilah yang dilakukan Rain Doni dari Kecamatan Melak, tak jauh dari Linggang Bigung.

"Tahun ini ada dua Fun Race kita adakan. Yang pertama sudah selesai. Selanjutnya diadakan persis di akhir tahun," buka Rain Doni, promotor muda berusia 30 tahun dari klub Lanay Jaya Mandarin Motor Club.

Rencana Doni mendapat dukungan dari Ekti Emanuel, Ketua Harian Pengprov IMI Kalimantan Timur sekaligus owner Sirkuit Lanay Jaya.

"Ya harus digelar kejuaraan secara reguler di sirkuit permanen," support Ekti Emanuel.

Maka disiapkanlah event bertitel "Christmas Fun Race 2018/2019" pada Senin dan Selasa, 31 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019. "Kegiatan ini juga dijadikan lompatan untuk 4 event besar lainnya tahun 2019 nanti," beber Rain Doni didampingi Oman SP, Sekretaris Penyelenggara.

Nah, tahun depan, Doni membidik 1 event Kejurnas Motoprix Region 4 Kalimantan dan 3 Kejurprov Balap Motor Kaltim.

"Kalau bukan kita Putra Daerah yang mengadakan, siapa lagi? Dan kalau bukan sekarang kapan lagi," semangat Rain Doni, mantan rider U-mild Road Race era 2004-2012 yang pernah balap di Malaysia, Jepang, India dan China.

Yaps! Ada 17 kelas dilombakan Akhir Tahun 2018 nanti. Dua diantaranya adalah SuperMoto. Untuk info peserta, silahkan kontak Sallihudin: 082148626789.

"Kita juga buka kelas Underbone dan Motoprix," beber Doni.

"Kami ingin mengukir sejarah baru dan akan kami adakan setiap pergantian tahun. Balapnya tetap siang hari. Diharapkan peserta luar daerah bisa mengunjungi objek wisata di Kutai Barat, seperti air terjun, lamin adat dan danau," ujar Doni.

Tak hanya itu, beberapa kearifan lokal seperti kerajinan dan tarian daerah yang sangat memukau dan yang paling sangat tersohor adalah Taman Anggrek Gresik Luai bisa dikunjungi.

Apalagi merupakan taman anggrek terbaik dan terbesar di Kaltim dengan khas anggrek hitam. Sepertinya konsep balap sambil wisata tengah dikembangkan di sana.

Siplah! (bangve)

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap