Buat Kalian Penggemar Balap, Wajib Kunjungi 3 Sirkuit Legendaris Jepang Ini

Rabu, 19/12/2018 16:16 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Jepang memang dikenal sebagai kiblat otomotif dunia, namun tak hanya dari sisi industri saja, negara berjuluk "Negeri Matahari Terbit" ini juga menyeimbangkan kekuatan otomotif mereka di ranah olahraga otomotif atau motorsport.

Hal itu dibuktikan Jepang lewat banyaknya venue sirkuit yang menjadi langganan penyelenggaraan event-event balap top dunia.

Fakta ini membuat Jepang menjadi negara tujuan wisata yang ideal, tak hanya untuk orang-orang yang hanya ingin berlibur, tapi Jepang juga menjadi destinasi bagi mereka yang mencintai dunia otomotif hingga balapan otomotif.

Begitupun dengan traveler Indonesia yang sering kali memesan tiket pesawat dengan tujuan Jepang sebagai salah satu negara destinasi favorit untuk berlibur.

Bicara olahraga otomotif (motorsport) setidaknya Jepang punya tiga sirkuit balap yang sudah dikenal di seluruh penjuru dunia. Antara lain Sirkuit Motegi, Sirkuit Suzuka, dan Sirkuit Fuji Speedway.

1. Twin Ring Motegi

Sirkuit Motegi atau yang memiliki nama lengkap Twin Ring Motegi merupakan sirkuit langganan balapan "kuda besi" MotoGP. Twin Ring Motegi dibuat oleh Honda pada 1997 sebagai upaya mereka membawa IndyCar Series ke Jepang. Sirkuit ini memiliki karakter trek yang menantang namun banyak disukai oleh para pembalap termasuk Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Hingga saat ini sirkuit Motegi masih konsisten menggelar ajang MotoGP, Super GT, Super Formula, MFJ Superbike, dan sempat menjadi venue dari IndyCar Series dan NASCAR.

Selain komplek sirkuit utama, Twin Ring Motegi juga memiliki lintasan kedua yang disebut North Short Course untuk balapan karting serta FIM Trials series.

Di area Twin Ring Motegi, juga terdapat Honda Collection Hall yang berisi benda-benda bersejarah Honda, mulai dari motor dan mobil balap klasik.

2. Fuji Speedway

Sirkuit Fuji atau yang dikenal dengan sebutan Fuji Speedway dibangun pada awal 1960 an. Tak hanya menjadi salah satu sirkuit tertua di dunia, Fuji Speedway juga terkenal lewat pemandangan indah yang menampilkan keagungan Gunung Fuji sebagai latar belakang Sirkuit. Karakter lintasannya juga naik turun sehingga sangat disukai banyak pembalap.

Sirkuit ini pernah menjadi tuan rumah F1 pada 2007 kala itu menggantikan Suzuka. Namun, Fuji Speedway hanya dua musim menyelenggarakan F1 karena Suzuka kembali dipercaya sebagai venue GP Jepang.

Fuji Speedway dikenal sebagai salah satu trek yang memiliki lintasan lurus terpanjang dengan 1,475 kilometer. Sirkuit ini pun memiliki lisensi FIA Grade 1. Di dekat dengan lintasan utama juga terdapat trek/lintasan untuk drifting.

Fuji Speedway sangat terkenal di dunia video game balap seperti Gran Turismo hingga FIA GT Racing. Saking sudah menjadi ikon Jepang, channel Top Gear Inggris juga pernah shooting di Sirkuit Fuji.

3. Sirkuit Suzuka

Sirkuit ini memiliki nama lengkap Suzuka International Racing Course. Suzuka dioperasikan oleh Mobilityland Corporation yang merupakan anak perusahaan dari Honda. Sirkuit yang memang menjadi langganan balap "Jet Darat" Formula 1 ini memiliki kapasitas sebanyak 155.000 orang.

Sejak beberapa tahun terakhir, Lewis Hamilton merupakan pembalap paling sulit dikalahkan di Suzuka.

Namun begitu, Sirkuit Suzuka juga pernah memakan korban local hero asal Jepang, Daijiro Kato yang meninggal pada tanggal 20 April 2003 akibat kecelakaan saat balapan MotoGP. Sejak insiden tersebut, Suzuka sudah tidak lagi menghelat MotoGP. (adr)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag