Kaleidoskop 2018: Insiden MotoGP yang Paling Viral

Senin, 31/12/2018 15:55 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sepanjang musim 2018, tercatat ada 303 insiden crash di ajang MotoGP. Beberapa diantaranya cukup parah, namun beberapa insiden lain hanyalah insiden kecil namun karena intrik didalamnya menjadi viral dan bahkan menjadi headline pemberitaan di dunia.

Berikut ini beberapa insiden dan momen panas MotoGP di musim 2018:

Marquez vs Rossi di Argentina

Jelang balapan aroma kontroversi sudah terendus. Marquez menjadi public enemy di Argentina. Mulai dari menyenggol pembalap lain, kena penalti, bahkan mesin mati saat start. Marc Marquez menutup MotoGP Argentina dengan membuat Valentino Rossi jatuh. Saat mencoba menyodok ke depan, Marc Marquez bersenggolan dengan Valentino Rossi dan membuatnya melebar.
Pada akhirnya Rossi harus jatuh. Marquez sempat menghampiri ke paddock Yamaha untuk meminta maaf tapi malah diusir oleh kru the doctor. Kejadian ini menambah panjang konflik antara Rossi dan Marquez.

Tabrakan Lorenzo, Dovizioso, dan Pedrosa

Insiden besar terjadi pada balapan seri keempat MotoGP 2018 yang digelar di Sirkuit Jerez Angel Nieto, Spanyol, Minggu tanggal 6 Mei.
Tiga pebalap papan atas menjadi korban dari insiden tersebut.
Kejadian bermula ketika persaingan perebutan posisi kedua. Andrea Dovizioso (Ducati) yang berada di posisi ketiga mencoba menyalip rekan satu timnnya, Jorge Lorenzo, pada lap ke-18.

Naas di saat yang sama, Dani Pedrosa (Repsol Honda) muncul dari sisi dalam sehingga tabrakan antara kedua pebalap tidak terhindarkan. Lorenzo, yang menabrak Pedrosa ikut melebar sehingga ditabrak oleh Dovizioso yang tidak sempat menghindar. Ketig rider tersebut gagal finish.

Kecelakaan Michelle Pirro di lintasan Mugello

Rider Ducati MotoGP, Michele Pirro, yang turun sebagai pembalap wildcard di Mugello mengalami nasib buruk di FP2 MotoGP Italia. Saat melaju di trek lurus Mugello, Pirro kehilangan kontrol dan menabrak tembok pembatas dengan kecepatan tinggi. Ia langsung dilarikan ke pusat medis dan mengalami cidera parah.


Rossi sundul Lorenzo di Aragon

Insiden ini terjadi di MotoGP Aragon. Jorge Lorenzo tampak mengurangi kecepatannya dengan drastis saat keluar tikungan.
Valentino Rossi yang ada di belakangnya tak sempat menghindar hingga akhirnya menghantam bagian belakang motor Jorge Lorenzo. Desmosedici GP18 milik Lorenzo juga terlihat rusak dan patah dibagian belakang. Walaupun tidak sampai berakibat buruk, kejadian ini cukup viral dan jadi perbincangan.

Tabrakan beruntun di Silverstone

Cuaca hujan memang sudah mengguyur sejak awal sesi latihan bebas. Hingga 7 menit sebelum berakhirnya FP4, semua pembalap masih berada di pit masing-masing. Alex Rins menjadi pembalap pertama yang turun di trek basah Silverstone pada FP4 MotoGP Inggris. Dua menit sebelum sesi berakhir, tiga pembalap terjatuh sekaligus red flag pun berkibar. Alex Rins (Suzuki), Franco Morbidelli (Marc VDS), dan Tito Rabat (Avintia Ducati) terjatuh berurutan di tempat yang sama. Tito Rabat bahkan sempat dihantam motor Franco Morbidelli yang terjatuh setelahnya.

Race director memutuskan sesi FP4 dihentikan total. Karena peristiwa ini, balapan di hari Minggu dimajukan jadwalnya, diundur, sebelum akhirnya dibatalkan.


Lorenzo Terjatuh di Aragon karena ulah Marquez

Start dari pole position, Lorenzo malah mengalami crash parah di awal balapan MotoGP Aragon (23/9/2018). Lorenzo harus keluar balapan dan mengalami cidera parah pada kakinya. Usai balapan, ternyata Lorenzo menyalahkan Marc Marquez. Menurut Lorenzo, Marc Marquez telah melakukan manuver berbahaya di tikungan pertama.


Tabrak Marquez malah Zarco yang gagal finish

Menyisakan 22 lap, ada insiden antara Johann Zarco dan Marc Marquez di MotoGP Australia (28/10).
Setelah melalui trek lurus dan hendak masuk tikungan, Johann Zarco menyeruduk Marc Marquez.
Johann Zarco langsung jatuh dan gagal selesaikan balapan. Sementara itu Marc Marquez masih bisa tetap melaju walaupun posisinya melorot. (adr)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag