Wow, Ali Hendi Arifin Umroh Dengan Jaket Gojek

Senin, 31/12/2018 16:27 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Jangan anggap sebelah mata profesi ojek online (ojol), seperti yang dilakukan Ali Hendi Arifin. Pada medio Desember lalu, dia bersama sang istri tercinta kembali ke Tanah Suci di Mekah, Saudi Arabia.

Sebetulnya akhir tahun 2004, pria yang akrab disapa Babeh Ali ini telah menunaikan ibadah haji. Namun belasan tahun kemudian hasrat untuk menginjakkan kaki di Mekah kembali bergelora. Begitu pula dengan istri, yang tahun 2003 atas perjalanan dinas, juga sudah berhaji.

Namun umrohnya kali ini menjadi sangat spesial. Pasalnya, dana umroh didapatkannya dari hasil sebagai driver Ojol bersama Gojek.

 “Sebagian hasil Gojek saya kumpulkan. Alhamdulillah tahun ini bisa ngajak istri Umroh,” ujar Ali Hendi.

Tiga tahun lalu, setelah pensiun dari sebuah pabrikan otomotif besar di Indonesia, ia tanpa sengaja masuk jadi anggota Gojek. Saat itu, dia tengah membantu beberapa mahasiswa dan ojek pangkalan yang kesulitan menembus syarat menjadi anggota Gojek saat pembukaan besar-besaran di GBK-Senayan, Jakarta.

Dengan kepandaiannya bergaul, dia menggolkan proposal 10 mahasiswa dan ojek pangkalan menjadi driver Gojek. Dari 10 nama itu, termasuk dirinya sendiri lolos sebagai rider Gojek.

Di hadapan sang istri yang pensiunan Dinas Kesehatan DKI, dia bernazar, akan menyisihkan penghasilan Gojek untuk berangkat Umroh bersama. Nazar lainnya akan mengenakan jaket khas Gojek selama di Tanah Suci.

Dari Gojek bersama motor Vario kesayangannya, Ali Hendi mengaku rata-rata perhari bisa mengumpulkan Rp 150.000 – 200.000. Agar tak tergoda, uang tersebut ditukar dengan dollar. Sebetulnya dia “ngebit” dengan santai, ada konsumen jalan, gak ada santai saja di rumah.

Desember kemarin, dia menerima pemberitahuan dari Gojek berupa selamat, karena telah 888 hari bergabung sebagai rider.

“Tak terasa 3 tahun saya bermotor menjadi  Gojek. Kami cek simpanan dollar, ternyata sudah $3.600 (sekitar Rp 50 juta). Alhamdulillah cukup untuk umroh berdua,” ucap Ali Hendi terbata-bata menahan haru. 

Suami istri ini berangkat bertiga dengan si bontot yang umroh dari hasil tabungannya sendiri.

Di Madinah hingga Mekah, jaket Gojek yang dikenakannya tentu saja menarik perhatian siapa saja, khususnya jamaah Indonesia. Maklum rata-rata umat berumroh dengan pakaian serba putih. 

Banyak yang bersimpati, menyalaminya plus bertanya-tanya. Bahkan ada yang mewancarai dan merekam hingga meng-uploud ke Youtube. Tak sedikit yang meneteskan air mata setelah mendengar kisah nazar pria ramah ini.

“Beberapa ada yang bercanda bertanya, kemana saja rute Gojeknya di Arab Saudi. Saya jawab saja, siap kemana saja dan mau Go-food apa saja,” ujarnya terkekeh.

Air matanya kembali meleleh menahan haru. “Doa saya bisa diberi rezeki yang banyak, kesehatan dan umur panjang. Biar bisa bersedekah dan kembali ke sini lagi pada suatu hari nanti. Semoga,” ujarnya. (pojokoto, bs)

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024