Kaleidoskop 2018: Mazda Lanjutkan Generasi Duet SUV CX-5 dan CX-9

Selasa, 01/01/2019 22:17 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Sepanjang 2018, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku authorized distributor mobil merek Mazda asal Jepang menorehkan kesan manis dengan melanjutkan generasi duet SUV unggulan mereka, CX-5 dan CX-9.

CX-9 dilanjutkan lagi penerusnya setelah sekian lama ‘vakum’ di industri mobil Indonesia, sementara CX-5 baru diluncurkan guna mempertegas konsistensi dari medium SUV tersebut.

Bicara penjualan, secara keseluruhan untuk semua model Mazda, selama periode Januari – November 2018, PT EMI mencatatkan angka sebanyak 5.244 unit.

Angka ini berkontribusi cukup signifikan dan mengangkat penjualan Mazda di Tanah Air. Data yang diperoleh dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tersebut juga mencatatkan pertumbuhan penjualan Mazda.

Dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya, penjualan wholesales atau pengiriman kendaraan ke diler Mazda tumbuh 47,55 persen.

Raihan positif selama 11 bulan ini cukup menggembirakan, meskipun masih jauh dari target yang dipatok sebanyak 8.000 unit.
 
Model unggulan Mazda yang mencatatkan angka penjualan paling tinggi adalah SUV CX-5, hacthback Mazda 2, Mazda CX-3 dan MPV premium Biante Skyactiv. 

CX-5 terjual sebanyak 1.543 unit, terhitung naik tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya sebanyak 700 unit.

Selanjutnya Mazda 2 dipasarkan sebanyak 1.142 unit, turun 10,29 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Mazda 2 berkontribusi 22 persen dari total penjualan Mazda.

Mazda CX-3 juga mencatatkan kinerja penjualan yang baik. Selama periode tersebut, CX-3 telah dipasarkan sebanyak 771 unit, turun tipis dari tahun lalu yang terjual 797 unit.

Biante Skyaktiv, salah satu MPV premium Mazda tercatat dipasarkan sebanyak 603 unit, naik 41 persen. Semoga ada model unggulan Mazda yang bisa diproduksi di dalam negeri. (anto)

TERKINI
Tips Membeli Mobil Matic Bekas dengan Cerdas untuk Kebutuhan Mobilitas Sehari-hari OnePrix 2024 Palopo : Andi Gilang Main di Home Race, Digadang Berjaya Di Tanah Kelahiran Bulukumba Sulawesi Selatan Penjualan Suzuki Melonjak 14 Persen di Maret 2024, Cermin Meningkatnya Kepuasan Pelanggan Ban Goodyear Kini Hadir di B-Quik, Berik anKenyamanan Lebih Untuk Konsumen