IMI Sumatera Selatan Padukan Otomotif Dengan Wisata Daerah

Selasa, 08/01/2019 21:50 WIB

mobilinanews (Palembang) - Bukan rahasia lagi jika kegiatan otomotif bisa menjadi promosi wisata daerah. Kenapa tidak, setiap event skala nasional yang diadakan, bakal mendatangkan wisatawan domestik. Semakin sering digelar, tentunya semakin tepat sasaran.

Setidaknya di Bumi Sriwijaya ada 5 Kabupaten/Kota yang memiliki destinasi wisata. Pertama tentunya Palembang sebagai ibukota Sumatera Selatan.

"Selain dari Jakarta, sekarang ada penerbangan langsung dari Medan, Bandung, Yogyakarta dan Bali," terang Augie Yahya Bunyamin, Ketua Pengprov IMI Sumatera Selatan.

Di kota yang terkenal dengan Jembatan Ampera serta kuliner pempek dan pindang ini ada kawasan olahraga terbesar yang biasa digunakan menggelar kegiatan otomotif. "Kita punya Jakabaring Sport City yang biasa dipakai sebagai lokasi Drag Race dan Drag Bike. Bahkan Road Race juga sering diadakan disana," ulas Augie.

Kabupaten lainnya yakni Lahat. Ada banyak objek wisata bisa dikunjungi. Sebut saja Bukit Selero yang sering dipakai jalur trail adventure. Apalagi di Lahat sudah ada sirkuit permanen Manggul sejak 2 tahun lalu. Secara berkala event road race digelar disana selain drag bike.

Sirkuit Manggul adalah sirkuit permanen kedua di Sumsel setelah Sirkuit Skyland Sekayu di Musi Banyuasin. "Tahun 2018 lalu jadi venue Final Kejurnas Motoprix Region 1 Sumatera," ujar Augie yang memang konsen di bidang Pariwisata Daerah.

Berikutnya Pagar Alam yang memang memiliki alam terindah di Sumsel. Dengan ketinggian 1500 meter dari permukaan laut, hawa sejuk dan pemandangan indah terhampar di depan mata. Event yang paling sering digelar yakni offroad dan trail adventure. Inilah jalur menantang bagi offroader apalagi Pagar Alam memiliki 33 air terjun.

Dua Kabupaten lainnya yaitu Banyuasin dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. Disini lebih sering digelar kejuaraan grasstrack. Sama dengan Kabupaten baru PALI (Penukal Abab Lematang Ilir) yang menjadi penyelenggara Grand Final Kejurnas Grasstrack Indonesia Tahun 2017 lalu.

Tak bisa dilupakan Lubuklinggau sebab paling sering mengusung balap motor. Kota Atlas yang berada paling selatan ini punya agenda rutin 5-6 event dalam setahun. Diikuti Muara Enim yang mulai bergeliat sejak menjadi lokasi Kejurnas Grasstrack Region 1B Sumatera.

"Intinya kami ingin menjadikan kegiatan otomotif sebagai ajang promosi wisata daerah. Ada berapa banyak team balap yang hadir pada setiap kejuaraan digelar? Masing-masing tentunya membawa crew dan pembalap. Ekonomi masyarakat setempat juga bisa terbantu dengan ramainya kegiatan," pungkas Augie yang maju sebagai Calon Legislatif untuk DPRD Sumatera Selatan dari Dapil 2.

Siplah! (bangve)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag