Sunaryo Jangkar Miring Dalam Kenangan Valentino Ratulangi

Kamis, 10/01/2019 05:01 WIB

mobilinanews (Bogor) – “Kayaknya mobilinanews bisa bikin artikel lagi nih. Yaitu Pak Sunaryo di Mata Valentino Ratulangi. Karena berkat Jangkar Miring Racing Team (JMRT), aku menjadi juara nasional slalom 2013,” ungkap Valentino kepada mobilinanews.   

 Saat itu, menurut Valen, hampir seluruh peslalom top ditarik almarhum Sunaryo ke JMRT. Dari James Danger, Andri SA, Wawan Hermawan hingga Valen yang mengaku sebenarnya masih anak bawang.

 “Saya bisa dibilang dididik dari nol sampai jadi juara nasional bersama JMRT juga berkat Pak Sunaryo. Om Cici (James Sanger) da nom Abul (Andry SA) gak sempat juara waktu di JMRT,” lanjut Valen yang kini menjadi andalan ABM Racing Team di drift.

 “Dari semua pembalap JMRT, cuma saya yang Paling deket sama almarhum

Boleh tanya langsung ke Angga (Raditya Putra Anggawa, putra almarhum),” bangga pembalap serbabisa yang tinggal di kawasan Sentul, Bogor itu.

 Menurut Valen, Sunaryo adalah sosok pemimpin dan ayah yang tegas dan berwibawa.

Selama 6 tahun berkiprah di ajang slalom (2010-2015), gak ada yang berani “main-,main” dengan JMRT.  

 Kalau ada yang  bilang almarhum tokoh arogan oleh kompetitornya, sebenarnya tidak tepat.”Kalau agak galak ya wajar saja, karena kan beliau seorang militer angkatan laut Marsekal Madya, setingkat jenderal,” ungkapnya.

 Namun di mata Valen, almarhum adalah sosok yang baik hati, perhatian  serta sangat peduli dengan para pembalapnya.

 “Almarhum tahu caranya memberikan yang terbaik kepada pembalapnya. Makanya saya merasa benar-benar kehilangan dengan berpulangnya Pak Sunaryo pada Rabu (9/1/2019)  pagi kemarin,” ujar Valen dengan bibir kelu dan sedih.

 “Padahal tanggal 1 Januari lalu, saya masih sempat WA beliau. Jangkar Miring sendiri namanya harum di dunia slalom dan juga offroad. Itu semua karena kepintaran almarhum merekrut pembalap dan mengatur strategi team pada saat balapan,” pungkas ayah satu anak berdarah Manado ini. (budsan)

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024