Berkendara Saat Hujan, Ini yang Harus Diperhatikan

Rabu, 16/01/2019 14:10 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Memasuki musim penghujan, ada baiknya para pengendara motor harus melengkapi perlengkapan perjalanannya. Tentu saja jas hujan menjadi salah satu perlengkapan utama. Namun bicara jas hujan juga tidak bisa sembarangan.

Memang banyak jenis jas hujan yang dijual, tapi lebih baik memilih jas hujan yang bebahan PVC dengan warna cerah agar bisa tetap terlihat dikala hujan deras. Hindari juga memilih jas hujan jenis ponco karena bagian bawahnya rawan tersangkut di jeruji motor sehingga justru membuat anda celaka.

Lalu sarung tangan, penggunaan sarung tangan saat musim hujan juga dianjurkan, pasalnya seringkali guyuran hujan membuat handle grip menjadi licin. Sarung tangan tidak harus mahal asalkan dapat membuat cengkeraman tangan terhadap handle grip tidak meleset atau terlepas karena licin.

Musuh terbesar saat musim hujan adalah mogok di perjalanan. Salah satu faktor yang menyebabkan motor mogok adalah busi yang basah. Memang, Anda bisa memperbaiki busi lama di motor. Namun itu perlu waktu dan hasilnya belum tentu memuaskan karena bisa saja busi lama tersebut telah aus, sehingga rentan bermasalah bila terkena air. Oleh karena itu menyediakan busi cadangan juga menjadi tak kalah penting.

Terakhir, untuk melengkapi keselamatan berkendara, pastikan ban motor anda memiliki daya cengkram yang bagus di jalan basah. Hal ini mengingat situasi di jalanan yang licin saat turun hujan.

Ketika ban kita tidak memiliki daya cengkram yang bagus, sangat berbahaya ketika kita melakukan pengereman mendadak. Karena itu Corsa menghadirkan ban seri platinum yaitu Corsa V33 yang memiliki daya cengkram tinggi.

“Corsa Platinum V33 memiliki daya cengkram yang sangat tinggi, baik di medan kering maupun basah. Selain daya cengkram yang tinggi, Corsa Platinum V33 juga memiliki tingkat handling yang sangat baik sehingga mudah untuk dikendalikan," kata Akhmad Nursyamsu selaku Head of Brand Activation PT Multistrada Arah Sarana Tbk.

Lebih lanjut, hal yang tidak kalah penting adalah tetap memperhatikan kondisi jalan dan rambu-rambu keselamatan. Jika intensitas hujan sudah begitu lebat, jangan ragu untuk berhenti demi keselamatan di jalan. (adr)

TERKINI
Honda Jazz RS CVT, Solusi Mobil Hatchback Terbaik dengan Kinerja Tangguh Tanpa Meninggalkan Gaya Soal Insentif Mobil Hybrid, Jokowi Mengaku Masih Melakukan Kajian Mendalam Peugeot Resmi Undur Diri dari Indonesia, Stellantis Pastikan Layanan Purna Jual Tetap Tersedia Ofero Picassio, Modal RP 13 Jutaan Sudah Bisa Beli Motor Listrik Seperti Vespa 946 Dior