Penamaan Gymkhana Ternyata Sudah Dipakai Pada 2006 di Muba Sumsel

Kamis, 17/01/2019 17:22 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Penamaan event Gymkhana ternyata bukan baru-baru ini saja. Ternyata, sudah pada 2006 ketika Muba Asian Auto Gymkhana digelar di sirkuit Skyland, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Pada saat seri kejuaraan Asia itu dilangsungkan, mobilinanews juga melakukan tugas peliputan di sana.

 Selain diikuti peslalom papan atas Indonesia seperti Didi Hardianto, James  Sanger, Ananta OHP, Anggan OHP, Sonny Susmana, Agus Djohansyah, Gerry Rosanto, Suryo Putranto dan Dika CH.

Juga diikuti peslalom dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Srilanka, India, Korea Selatan serta Taiwan.  Total 32 peserta mengikuti event di bawah FIA (Badan Olahraga Bermotor Roda Empat Dunia) itu.

“Saat itu meriah sekali, karena kejuaraan slalom Asia pertama digelar di Skyland (bahkan di Indonesia), sirkuitnya baru, pesertanya dari beberapa negara dan merupakan event resmi FIA dengan nama Muba Asian Auto Gymkhana Championship 2006,” buka Harris Gondokoesoemo,  yang didapuk sebagai pimpinan perlombaan di Muba saat itu.

Menurut Harris, sebelum digelar  kejuaraan tersebut, terlebih dahulu dilakukan Asian Zone Meeting di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Maret 2006 yang dipimpin Dr Yung tokoh gymkhana dari Taiwan. Harris yang saat itu Kabid Olahraga Mobil PP IMI juga ikut dalam pertemuan tersebut.

“Kemudian IMI Pusat ditunjuk oleh FIA untuk menyelenggarakan seri Muba Asian Auto Gymkhana di sirkuit Skyland, Muba, Sumsel, pada September 2006,” terang pria kalem penggemar mobil VW Combi itu.

Kalau kemudian, ada pihak yang mengklaim sebagai penyelenggara pertama event dengan nama Gymkhana pada 2012, tentu yang bersangkutan tidak pernah baca berita dan koran.

Foto-foto dan keterangan Harris Gondo selaku pimpinan perlombaan serta menjadi representasi PP IMI mengikuti Asia Zone Meeting di Kuala Lumpur, sudah lebih dari cukup sebagai pembuktian. (bs)    

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing