Merawat Mobil : Langkah Awal, Perhatikan Semua Cairan

Minggu, 05/07/2015 10:56 WIB

mobilinanews.com (Bandung) – Buat orang awam, mengerti sistem mekanik dari sebuah mobil mungkin menjadi sebuah momok menakutkan dimana kita akan dijejali dengan berbagai logika kusut tentang mesin. “Sebenarnya, mengurus mobil itu tidak sulit. Bagian awal, perhatikan semua unsur cairan dalam mobil,” terang Dikwan dari bengkel DiTech Injection Bandung.

Pada prinsipnya, mobil memiliki sistem mekanik yang ditunjang oleh cairan-cairan yang berfungsi mendukung fungsi dan kelangsungan hidup mesin itu sendiri. “kita harus memperhatikan cairan oli mesin, oli rem, oli kopling, oli metik, oli gear box, oli power steering, air radiator dan beberapa cairan lainnya,” tambah pria ramah ini.

Sebut saja oli mesin. Setiap pabrikan mesin mempunyai spesifikasi mesin sendiri dengan detail rancangannya sendiri yang akan membutuhkan oli dengan spesifikasi tertentu. “Ganti oli berkala, jangan telat dan jangan kurang jumlahnya. Pilih oli juga sesuai spesifikasi pabrikan,” tambah Dikwan lagi.

Banyak kasus yang terjadi adalah keausan mesin disebabkan oleh buruknya kualtas oli yang diperparah dengan jarangnya intensitas penggantian. Hasilnya mesin rusak dan tidak perform dengan optimal.

“Ada hal yang paling sepele adalah masalah bensin. Usahakan isi bensin diatas ¼ tanki untuk mencegah kotoran naik ke injector. Kalau kotoran sudah naik, mesin akan ngelitik, tidak bertenaga dan ujung-ujungnya injector akan rusak,” terang punggawa bengkel yang berada di bilangan Cipedes Tengah Bandung ini.

Memang harus diakui bahwa banyak dari kita cenderung sering alpa untuk memperhatikan hal-hal kecil seperti cairan-cairan penting dalam mesin mobil. Air radiator, air wiper hingga air aki terkesan tidak penting namun ternyata fungsinya sangat vital. “Seperti air aki, kalau kita isi terlalu penuh juga tidak baik. Namun kalau kurang, aki juga cepat rusak dan tidak berfungsi,” terang founder DMS Piggyback ini.

Prinsipnya, dalam merawat mobil, kita harus lebih memperhatikan hal-hal penting seperti cairan-cairan dalam mobil yang sudah disebutkan diatas tadi. “Juga jangan lupa service berkala seperti membersihkan injector serta mengganti filter bensin, udara dan oli sesuai kebutuhan,” tutup Dikwan.

TERKINI
Siap-Siap, Chery TIGGO 5X Segera Meluncur Akhir Bulan Ini! WRC 2024 Rally Portugal: Duel Penentuan Ogier dan Tanak di Super Sunday, Neuville Cukup Amankan P3 6 Hours of Spa-Franchorchamps 2024 : Dihajar Earl Bamber, Buyar Harapan Sean Gelael dan WRT 31 Kembali Naik Podium Mazda CX-5: Eksklusivitas dan Keunggulan dalam Sebuah SUV, Bikin Brand Korea Minder