Honda, Mitsubishi, Suzuki & Daihatsu Terima Penghargaan Tingkat Model Kualitas Awal

Rabu, 23/01/2019 13:15 WIB

lmobilinanews (Singapura)  — Meskipun keseluruhan masalah terkait kualitas produksi menurun, pemilik kendaraan di Indonesia menjadi semakin sadar terhadap masalah yang terkait dengan desain kendaraan.

Dalam tiga tahun terakhir, proporsi masalah terkait desain hampir mencapai dua kali lipat, jika dibandingkan dengan masalah terkait produksi, hingga 40% di tahun 2018 dari 27% di 2015, berdasarkan J.D. Power 2018 Indonesia Initial Quality StudySM (IQS), yang diterbitkan hari ini.

Penelitian tersebut menemukan bahwa masalah yang paling banyak dikutip dari desain kendaraan adalah AC tidak dingin atau tidak dapat mempertahankan suhu yang diinginkan; bahan kursi lecet atau mudah kotor; dan masalah pairing dan connectivity yang sering terjadi dengan Bluetooth® telepon genggam.

Penelitian menemukan bahwa keseluruhan jumlah masalah pada setiap 100 kendaraan (PP100) di 2018 adalah 63 kasus. Selain masalah terkait desain, pemilik kendaraan baru juga menemukan cacat produksi seperti masalah kualitas, walaupun jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan di tahun 2017.

Masalah-masalah tersebut termasuk masalah pada speaker dan wiper kaca depan yang rusak atau tidak bekerja dengan baik, dan terdapat bau yang tidak enak di bagian dalam kendaraan.

“Terlihat dari berkurangnya jumlah keluhan terhadap masalah produksi, jelas sekali OEM mendengar dan memberikan solusi bagi keluhan yang disampaikan pelanggan” ujar Srabani Bandyopadhyay, Country Manager, Indonesia dari J.D. Power.

“Walau demikian, pelanggan terus semakin peka terhadap masalah desain pada kendaraan mereka. Di kota besar seperti Jakarta, dimana kemacetan parah menyebabkan pemilik kendaraan menghabiskan waktu di dalam kendaraan lebih lama sehingga menjadikan mereka lebih memperhatikan isu-isu terkait desain dan kenyamanan. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi para produsen melihat dan menjawab isu-isu terkait desain dalam rangka meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.”

Berikut adalah temuan-temuan tambahan pada penelitian di tahun 2018:

Kualitas produk yang baik meningkatkan kemungkinan pelanggan mempromosikan merk: Net Promoter Score®[1] (NPS) mengukur kemungkinan pelanggan memberikan rekomendasi, baik produsen maupun model kendaraan, dalam skala 0-10. Para promoter (pemilik kendaraan baru yang memberikan angka penilaian 9-10 poin untuk kemungkinan mereka akan memberikan rekomendasi merk kendaraan) melaporkan 68 PP100, dibandingkan dengan 123 PP100 yang dilaporkan oleh detraktor (pelanggan yang memberikan angka rating 0-6 poin pada kemungkinan mereka akan merekomendasikan merk kendaraan).

 Peringkat Penelitian

Daihatsu Sigra berada pada peringkat tertinggi dalam segmen kendaraan entry compact (42 PP100). Honda HR-V berada pada peringkat tertinggi di segmen entry SUV (49 PP100). Mitsubishi Pajero Sportberada pada peringkat tertinggi untuk segmen SUV (50 PP100) dan Suzuki Ertigaberada di peringkat tertinggi segmen entry MPV (30 PP100).

Indonesia Initial Quality Study (IQS) 2018 adalah laporan yang didasarkan pada respon dari 2.576 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan antara Oktober 2017 dan September 2018.

Penelitian ini mencakup 52 mobil penumpang, pick-up dan model kendaraan utilitas dari 10 macam merk. Penelitian dilaksanakan dari Mei sampai dengan Desember 2018.

Penelitian berfungsi sebagai tolok ukur industri bagi kualitas kendaraan baru dengan menguji masalah-masalah yang dialami oleh pemilik kendaraan baru dalam periode dua hingga enam bulan pertama memiliki kendaraan di dua kategori yang berbeda: masalah terkait desain, dan cacat dan kerusakan.

Penelitian ini memasukkan lebih banyak pertanyaan-pertanyaan diagnosa terperinci sekitar delapan kategori masalah: bagian luar kendaraan; pengalaman mengendara; fitur/ kontrol/ tampilan; audio/ komunikasi/ hiburan/ navigasi; kursi; penghangat/ ventilasi/ AC; bagian dalam kendaraan; dan mesin/ transmisi.

Keseluruhan nilai kualitas ditentukan oleh masalah-masalah yang dilaporkan per 100 kendaraan (PP100) dengan jumlah laporan masalah lebih rendah menunjukkan kualitas yang lebih tinggi. (hilary)

TERKINI
3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya IMI Pusat Menyurati Ketua IMI Nusa Tenggara Barat Terkait Pembatalan MXGP 2024 di Sumbawa dan Lombok, Ini Alasannya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta