IRC Cabut Dari Sponsor Kejurnas Motoprix, Ini Alasannya

Kamis, 24/01/2019 01:40 WIB

mobilinanews (Jakarta) -  Akhirnya  IRC cabut dari sebagai salah satu sponsor utama Kejurnas Motoprix 2019.

Ini sekaligus menjawab teka-teki yang telah berhembus sejak musim 2018 lalu. 

Saat itu santer beredar kabar jika PT Gajah Tunggal Tbk dengan produk ban balap andalannya, IRC tak lagi sebagai penyuplai ban di Kejurnas Balap Motor Motoprix 2019. 

Berita itu dipertegas  Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk bahwa cabutnya IRC dari Motoprix terkait budget.

 Kabarnya, Ikatan Motor Indonesia (IMI) menaikkan nominal sponsor dari Rp 500 juta menjadi Rp 1 miliar di tahun 2019. Atau naik 100 persen.

"Ya, mentok di budget.Tahun lalu nilainya Rp 500 juta, tapi tahun ini tahun politik jadi budget sangat hati-hati dari manajemen," ujar Dodiyanto kepada media.

Jika benar IRC mundur dari Kejurnas Motoprix 2019, bisa jadi IMI akan menerapkan one make tire alias satu merek ban saja yang boleh dipakai para pembalap.

Namun ini juga berimplikasi negatif. Sebab jika itu diterapkan, ada kemungkinan di luar brand yang jadi one make tire nggak bisa dipakai di kejurnas Motoprix.

Makanya perlu dibuat klausul khusus meski nanti misalnya pakai one make tire, brand lain tetap boleh menyeponsori tim-tim peserta Motoprix.

Pasalnya, seperti IRC banyak mendukung tim di Motoprix. Tercatat ada 24 tim yang disupport IRC di seluruh region.

"Kalau single tire dan ban IRC gak bisa dipakai, lalu buat apa support tim? Yang sudah-sudah kalau gak sponsor di Motoprix, ban gak bisa dipakai," lanjut Dodi.

Sebagai contoh di Kejurnas Motoprix 2018, hanya IRC dan Pirelli yang menjadi sponsor. Maka tim yang disupport FDR gak bisa pakai bannya di Motoprix. 

"Padahal, tim di Motoprix rata-rata disupport oleh IRC, FDR dan Pirelli hampir secara merata," terang Dodi.

Tentu ini menjadi pekerjaan rumah yang tidak mudah bagi IMI Pusat. (hilary)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok