Andi Bamba & Arnold Sihombing, Menikmati "Profesinya" di Event Gokart

Rabu, 30/01/2019 21:38 WIB

mobilinanews (Sentul) - Dalam event gokart, mungkin petugas perlombaan yang paling dikenal adalah Clerk of The Course (COC) dan Steward of the meeting (pengawas lomba).

 Salah satunya karena mereka ini yang langsung berhadapan dengan entrant dan pembalap ketika terjadi sebuah insiden, protes atau hearing.

Tapi, tahukah Anda bahwa ada pelaksana lomba yang lebih intent berhubungan dengan pembalap, terutama ketika akan melakukan start.

Adalah chief grid marshall dan deputy grid marshall, yang saat ini dipercayakan kepada Andi Bamba dan Arnold Adrian Sihombing.

"Sebetulnya, baik chief maupun deputy grid marshall itu kepanjangan tangan pimpinan perlombaan dan COC. Tugas utama mengatur flow pegokart melakukan start," ujar Andi Bamba, pria ramah asal Bandung yang telah menekuni "profesi chief grid marshall" belasan tahun lalu.

Jangan anggap ringan, justru di sinilah penentuan kapan boleh start, saat harus ganti ban dan lain-lain disampaikan langsung kepada pembalap, entrant dan mekanik. Tentu instruksi diberikan dari COC melalui alat komunikasi antar mereka.

"Ketika cuaca tidak menentu seperti ini, Anda lihat sendiri tiba-tiba ada instruksi harus mengganti ban basah ke ban kering, durasi 3 menit. Sementara mereka sudah bersiap start. Tapi kita harus bisa sampaikan ini ke pembalap dengan cepat dan tegas," timpal Arnold yang telah 2 tahun terakhir didapuk sebagai deputy grid marshall.

Tapi, itulah seninya di gokart. Dan, Andi maupun Arnold menikmati profesinya seiring kecintaannya denga dunia balap mobil kate itu. (hilary)

TERKINI
Wuling Resmi Buka Pemesanan Cloud EV di PEVS 2024, Harga Pre-book Rp410 Juta FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai 60 Juta Dolar GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition BYD Motor Indonesia Tanda Tangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD