Ridwan Kamil Ingin Membangun Sirkuit MotoGP di Majalengka, Ini Alasannya

Minggu, 10/02/2019 10:10 WIB

mobilinanews (Bandung) - Wah seru nih. Pemerintah Provinsi Jawa Barat  berencana membangun sirkuit balap MotoGP. Pamor MotoGP yang terus melambung menjadi salah satu faktor penyebab. 

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil, Gubernur Jabar, saat menyambut kunjungan Marc Marquez ke Kota Bandung, Sabtu (9/2/3019) kemarin.

Dia menyebut MotoGP tak cuma ajang pacuan kuda besi, tetapi juga sudah menyentuh aspek pariwisata. 

Untuk merealisasikan, Emil - sapaan akrab Ridwan - telah menyusun rencana. Mulai dari daya tarik Jabar sampai lokasi. 

"Saya sudah kedatangan investor yang menyatakan minat buat sirkuit MotoGP. Saya enggak ada masalah, MotoGP ini harus ada di radius perhotelan, sehingga pariwisata Jabar bisa maju dengan pariwisata alam," ucap Emil di Gedung Sate, Bandung.

"Rencananya di daerah deket bandara Kertajati. Supaya orang seluruh dunia enggak terlalu jauh datangnya memang mau dikembangkan, saya sebut segitiga emas," lanjutnya. 

Segitiga mas dimaksud Emil adalah Proyek Strategis Nasional (PSN) yang meliputi Bandara Kertajati dengan Pelabuhan Patimban dan Pelabuhan Cirebon. Kawasan tersebut dapat menyediakan minimal lahan 200 hektar untuk membangun sirkuit. 

"Pasti saingannya banyak atuh. Di Sumatera ada, di NTB (Nusa Tenggara Barat) ada. Tapi, menurut saya jangan lihat lokasi, tapi juga lihat jumlah penduduknya. Di Jawa Barat jumlah penduduk besar yang merupakan konsumen motor," kata Emil. 

Pembangunan sirkuit tersebut dinilai jitu untuk mendongkrak aktivitas Bandara Kertajati. Pasalnya, saat ini, Bandara Kertajati belum seaktif landasan udara bertaraf internasional lainnya. Pamor pariwisata alam di sekitar lokasi pun akan melambung. (hilary)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag