Menikmati Lembutnya Performa Toyota Venturer Diesel di Tol Semarang - Kartosuro

Sabtu, 16/02/2019 18:08 WIB

mobilinanews (Semarang) –Tim Mobilinanews berkesempatan merasakan lembutnya performa Toyota Venturer bermesin diesel di Tol Lintas Jawa dari Semarang menuju Kartosuro (16/2).

Mengapa kami sebut lembut? Medium MPV ini mengusung mesin baru berkode 2GD-FTV yang getaran dan suaranya jauh lebih halus, senyap dan lebih bertenaga.

Trek singkat yang kami lalui ini punya jarak tempuh 72,64 KM dengan medan pegunungan yang punya kontur jalan naik turun dan berkelok. Mirip Tol Cipularang di Jawa Barat.

Pertama impresi soal mesin bawaan yang juga diterapkan Kijang Innova varian 2.4Q, mesin diesel ini punya kapasitas 2.362 cc dan telah didukung teknologi VNT (Variable Nozzle Turbo) dan intercooler.

Pencapaian tenaga maksimum 149 HP di 3.400 rpm dan torsi 342 Nm pada rentang 1.200 – 2.800 rpm membuatnya enteng melibas trek menantang ini.

Dengan torsi berlimpah ini, sangat mudah mencapai kecepatan 160 – 180 km/jam dengan mulus, apalagi pakai mode berkendara ‘power’.

Memang saat bejek gas di putaran awal butuh sedikit waktu untuk mencapai akselerasi yang diinginkan.

Namun begitu memasuki putaran atas, respon tenaganya boleh dibilang ‘nurut’. Jauh lebih baik ketimbang sumber tenaga Innova diesel generasi sebelumnya.

Meskipun digeber, dari sisi getaran maupun suara mesin terbilang sangat halus. Tak heran, awak Redaksi yang duduk di baris kedua merasa heran. “Seperti mobil mesin bensin saja,” takjubnya.

Mesin baru ini dipadu transmisi otomatis 6 percepatan yang juga responsif dan menyenangkan, tidak ada gejala terhambat dalam perpindahan giginya, semua berlangsung ‘Smooth’. 

Seperti varian Kijang Innova baru lainnya, ada tiga mode berkendara yakni ‘normal’, ‘eco’ dan ‘power’. 

Jujur saja kami lebih sering memilih mode ‘power’ di sepanjang Tol Lintas Jawa ini. Lebih enteng melibas lintasan dan ‘lawan’ di jalan. (anto)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok