Toyota Venturer Diesel Terbukti Stabil di Tol Trans Jawa

Minggu, 17/02/2019 12:26 WIB

mobilinanews (Semarang) –Tim Mobilinanews berkesempatan merasakan lembutnya performa Toyota Venturer bermesin diesel di Tol Lintas Jawa dari Semarang menuju Kartosuro (16/2).

Mengapa kami sebut lembut? Medium MPV ini mengusung mesin baru berkode 2GD-FTV yang getaran dan suaranya jauh lebih halus, senyap dan lebih bertenaga.

Performa mesin diesel berkapasitas 2.362 cc VNT (Variable Nozzle Turbo) dan intercooler bertenaga149 HP dan torsi 342 Nm ini tidak usah diragukan lagi.

Terus mengisi khususnya di putaran atas, membuat Toyota Venturer Diesel ini enteng melahap rute Tol Lintas Jawa dan terbukti stabil.

Sangat minim gejala limbung, bisa jadi berkat penyempurnaan sasis yang lebih baik dibanding Innova lama dan tentunya kinerja suspensi serta dukungan spek kaki-kaki yang mumpuni.

Dimensinya punya panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm. Didukung jarak sumbu rodanya 2.750 mm, secara teknis distribusi bobot cukup merata.

Diposisikan sebagai MPV namun dimensinya mendekati SUV tetapi lebih ringkas, sehingga tidak heran karakter SUV cukup melekat.

Memang karakter pengendaraannya tidak beda jauh dari Kijang Innova Reborn varian biasa. Patut dipuji adalah kemudi yang cukup responsifdengan tingkat kestabilan cukup baik. 

Untuk kategori medium MPV sebesar ini, ayunan suspensi terbilang masih lembut, tidak terlalu keras juga tidak terlalu lembut. Maksimal melakukan peredaman ketika melibas jalan rusak.

Suspensinya didukung Double Wishbone with Coil Spring and Stabilizer di roda depan dan 4 Link with Coil Spring and Lateral Road pada roda belakang.

Apalagi dukungan spek pelek 17 inci dengan ban Bridgestone Turanza ukuran 215/55-R17 menurut kami turut berpengaruh pada kestabilan.

Rasanya, gelar penjelajah tangguh layak disematkan untuk Toyota Venturer. (anto)

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok