Tips Mudik Ala DiTech : Bawa Persedian Oli, Air Dan Tutup Radiator

Jum'at, 10/07/2015 15:14 WIB

mobilinanews.com (Bandung) -  Musim mudik semakin dekat. Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar perjalanan mudik menjadi lebih nyaman dan menyenangkan tentunya. Hal yang paling jelas terjadi ketika mudik adalah kemacetan yang sangat parah, sehingga kita membutuhkan persiapan yang sangat matang untuk dapat menghadapi perjalanan tahunan ini. Selain fisik yang juga harus fit, kondisi mobil juga harus mendukung.

“Wajib dicek adalah ganti oli, kondisi air radiator serta kondisi ban,” terang Dikwan dari DiTech Injection Bandung. Pria ramah ini menyarankan kita untuk mengecek semua yang berbau dengan perawatan berkala seperti oli mesin, oli gear box, oli rem, oli power steering, air radiator, kondisi ban dan kondisi aki.

“Biasanya kita tidak lupa untuk mengganti oli dan menambah air. Namun kita suka lupa mengecek persediaan yang lain seperti Oli dan air,” tambahnya

Bengkel DiTech menyarankan untuk membawa persedian oli minimal 1 liter, oli rem botol kecil, air radiator, sikring-sikring yang sesuai dengan spesifikasi serta lampu bantu penerangan. Tidak hanya itu Dikwan juga menyarankan untuk membawa tutup radiator cadangan.

“Tutup radiator ini sangat penting. Ditakutkan fungsi yang berkurang karena tekanan serta panas kinerja mesin yang berlebihan,” terang Dikwan lagi.

Yang juga kerap lupa adalah mengeck tekanan setiap ban yang disesuaikan dengan kebutuhan. Cek juga tekstur ban apakah masih layak pakai atau tidak.  Tidak hanya itu, cek kelengkapan ban serep apakah tekanannya masih baik atau tidak, karena biasanya ban serep cenderung kurang angin karena tidak dipakai. Jangan juga lupa soal kunci ban, dongkrak dan tool kit pendukung lainnya seperti tang, obeng dan kunci Inggris.

Nah, sedangkan untuk anggota keluarga dan driver tidak ada salahnya membawa obat-obatan praktis seperti obat pribadi, obat flu multiguna, obat analgesic seperti paracetamol, obat anti mabuk, obat mual, perban, bandaid serta cairan antiseptic.

Semoga mudik menjadi lebih menyenangkan…

 

Keyword : tips-mudik-aman

TERKINI
Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Siang Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia