4 Tips Mudik Dari Dealer Hyundai Pondok Indah

Sabtu, 11/07/2015 08:02 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) - Mudik saat libur lebaran Idul Fitri sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Termasuk bagi para pemilik mobil pribadi, perjalanan mengemudi jarak jauh di momen mudik Lebaran pun sudah menjadi budaya.

Satu hal yang hampir pasti, jika beban kerja yang akan ditanggung mobil yang digunakan untuk mudik jelas lebih tinggi. Mulai waktu tempuh yang lebih lama, adaptasi suhu udara dan cuaca yang lebih panjang, hingga kondisi jalan yang dilalui belum tentu mulus.

“Sebenarnya buat pemudik yang menggunakan mobil berusia lebih dari tiga tahun sebaiknya lebih memperhatikan kondisi kesehatan mobilnya, sebelum dan setelah mudik,” terang Mahmud, Service Advisor dari Hyundai Pondok Indah.

Menurut Mahmud, ada 4 tips yang perlu diperhatikan oleh pemudik yang mengemudikan mobil pribadi, sebagai berikut:

1. Perhatikan kondisi mesin, terutama oli mesin, mengingat mesin bekerja ekstra selama perjalanan mudik. Kalau sudah hitam, sebaiknya diganti. Atau setelah mudik, jika periode perawatan berkala terpaut sekitar 1.000 – 2.000 km dari jadwal regular, disarankan segera mengganti oli mesin.

2. Perhatikan sistem pendinginan mesin melalui pengecekan kondisi radiator, jangan sampai ada kebocoran. Hal ini terkait agar temperatur mesin bisa bekerja dengan normal. Pasalnya jika terjadi kebocoran akan menyebabkan temperatur kinerja mesin naik dan dapat menyebabkan mobil mengalami mogok di tengah jalan.

3. Perhatikan kondisi dan kinerja kaki – kaki, termasuk di dalamnya jika mulai ada suara bunyi yang tidak biasanya. Ketebalan kampas rem pun harus diperhatikan. Sementara untuk kondisi ban, acuan umum pemakaian adalah dua tahun atau setara dengan 40 ribu km. Setelah periode itu disarankan untuk diganti.

4. Perhatikan pula kondisi dan kinerja karet wiper, serta lampu kendaraan. Pastikan semuanya berjalan normal, agar perjalanan di saat malam atau hujan tetap lancar.

Baca Juga Layanan Unggulan di Bengkel Resmi Hyundai.

Hyundai Pondok Indah
Jalan Sultan Iskandar Muda No. 81
Arteri Pondok Indah
Jakarta 12240
Telp. 021 – 7289 5555 / 7289 6666

TERKINI
Sukses Ciptakan Bintang Masa Depan, Asian Talent Cup Merayakan Hari Jadinya yang Ke-10 Tahun Yamaha dan Honda Gelar Tes Privat di Mugello Mulai Hari Ini, Service Motor Matic di AHASS Jakarta-Tangerang Dapat Diskon BYD Seal 06 DM-i, Mobil dengan Teknologi Hybrid Terbaru, Memiliki Fitur Canggih