Aspek Keselamatan yang Harus Diperhatikan Dalam Berkendara Sepeda Motor

Senin, 25/02/2019 15:20 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Dalam acara Sarapan Bareng Riders yang dihajat Mobilinanews & IRC tire di Balai Sarwono, Jeruk Purut, Jaksel pada Minggu (24/2), diisi dengan diskusi Safety Riding.

Sesi edukatif ini dibawakan oleh Kombes Ipung Purnomo yang saat ini menjabat sebagai direktur safety riding di IMI Pusat.
 
“Kendaraan harus berkeselamatan, harus safety buat kita. Fungsi-fungsi motor harus aman,” tegas Kombes Ipung.
 
Pria yang kenyang turing motor ini juga menekankan pemahaman fungsi-fungsi yang ada di motor, misalkan kinerja rem.

“Kita harus paham spek motor dan karakternya, kenali persis kemampuan dari kendaraan ini, handlingnya seperti apa. Minimal kita harus menyatu dulu,” tambahnya.
 
Menurutnya mengenal motor untuk menguasainya ada urutan dan tahapannya. “Coba berkomunikasi dengan ahlinya, dengan yang ngerti,” ujarnya sembari menekankan faktor keamanan manusianya juga penting.

“Orang itu harus berkeselamatan, gunakan pakaian yang sesuai untuk riding dan turing. Jangan celana pendek, sepatu harus di atas mata kaki. Kalo terjatuh engga terluka. Jaket kalau bisa yang ada protector-nya,” sebutnya.
 
Untuk keamanan kepala disarankan pakai Helm model full face. Tujuannya mengamankan muka dan dagu apabila terjadi benturan. Jangan pakai helm ala kadar sekedar nempel. 

“Paling penting juga bisa bersosialisasi dengan masyarakat. Jangan arogan di jalan, tunjukkan simpati dengan masyarakat, karena kita semua punya hak yang sama,” tambah kolektor motor ini. 

“Jangan memaksakan kehendak memacu kendaraan bila tidak menguasai medan jalan, karakter wilyaha beda-beda. Lalu, istirahat yang cukup, perjalanan dijeda,” sarannya.

Terakhir, Kombes Ipung merekomendasikan untuk banyak-banyak cari tahu informasi tentang keselamatan berkendara untuk memperkaya wawasan. (anto)

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok