Kebanggaan H.Tinton Soeprapto, Bisa Gelar Event International Setelah Reformasi

Sabtu, 02/03/2019 20:48 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tidak hanya bisa membangun sirkuit bertaraf international, tapi sirkuit Sentul Bogor juga sukses menggelar event balap paling populer di dunia yaitu kejuaraan dunia Superbike dan GP500 (sekarang MotoGP) pada 1995 dan 1996. 

"Itu tertulis dalam sejarah motorsport Indonesia dan dunia. Ini bukan hoax, tapi by data. Siapa yang bikin, H.Tinton," ujar H. Tinton Soeprapto pada acara Temu Kangen komunitas Balap 3 Djaman di Balai Sarwono, Jeruk Purut, Jaksel baru-baru ini.

Disinggung jika semua itu bisa dilangsungkan pada saat rezim Orde Baru berkuasa, H. Tinton tidak menampik.

"Tapi, setelah reformasi pun, sirkuit Sentul juga menggelar event international. Seperti Speed Race, GP2 Series dan A1GP yang sempat menjadi saingan F1," bangga Direktur Utama PT. Sarana Sirkuitindo Utama, pengelola sirkuit Sentul.   

Bahkan 3 event yang disebutkan di atas adalah balapan roda empat alias mobil.

"Tuhan itu tidak suka orang yang sombong. Tapi, untuk mencapai tujuan, harus bekerja keras. Seperti saya ini," ungkap pria 73 tahun yang masih terobsesi bisa kembali menggelar MotoGP di Sentul. (bs) 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag