Mobil Tanpa Pengemudi, Mungkinkah di Indonesia?

Minggu, 03/03/2019 09:52 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Teknologi otomotif khususnya mobilitas terus menunjukkan perkembangan yang signifikan.

Berorientasi masa depan, teknologi mobilitas menawarkan ragam inovasi, mulai mobil hybrid, mobil listrik hingga driverless alias mobil tanpa pengemudi.

Bicara tentang mobil tanpa pengemudi, mungkinkah diterapkan di Indonesia?

“Mobil tanpa pengemudi di beberapa negara sudah dijalankan,” ucap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo di sela perkenalan GIIAS 2019 di Jakarta (26/2).

“Tapi kalo di Indonesia jalannya harus dipasangkan perangkat dan rambu-rambu yang mendukung mobil tanpa pengemudi tersebut,” tambahnya menyebut harus banyak melibatkan infrastruktur.

“Kementerian yang terkait harus computerize, ESDM dan Humkam juga akan terlibat karena menyangkut energi listrik dan tanpa pengemudi, jika ada kecelakaan. Harus ada kejelasan hukum jika terjadi insiden di jalan,” jelas Nangoi.

“Kalau di sana, luar biasa perkembangannya. Kalo Gaikindo bawa kesini, buat apa? Infrastrukturnya belum ada, mau dipake kemana?,” tegasnya. 

Jadi saat ini menurutnya di Indonesia musti kembangkan terlebih dahulu infrastruktur yang sesuai dengan kemajuan teknologi tersebut.

“Banyak manufaktur yang sudah mulai berubah, bukan hanya pembuat mobil tapi sebagai mobility, pergerakan orang di masa depan,” tutupnya. (anto)

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing