Jusri Pulubuhu: Hindari Mudik di Malam Hari

Senin, 13/07/2015 08:56 WIB

mobilinanews – Sejak Jumat 10 Juli 2015, arus mudik sudah mulai terjadi di berbagai wilayah Jawa. Buat Anda yang baru akan bergegas mudik, pastikan memiliki rencana pra perjalanan yang baik.

“Rencanakan perjalanan dengan baik, mulai memilih rute perjalanan yang tepat dengan memperhitungkan jarak tempuh, kondisi jalan, potensi kemacetan, waktu pejalanan mutlak periode Subuh hingga Magrib, posko servis dari APM dan nomor kontak rumah sakit pada jalur yang dilalui,” kata Jusri Pulubuhu, Training Director PT Jakarta Defensive Driving Consulting.

Dari pantaun mobilinanews di jejaring sosial dalam 3 hari terakhir, khusus mengenai periode waktu mudik, masih banyak pemudik baik yang menggunakan mobil atau motor pribadi yang melakukan perjalanan di malam hari.

Pada Minggu malam (12/7) misalnya pada sekitar 19.30 malam, antrean di tol Cikopo semakin malam semakin padat. Berdasarkan data TMC Polda Metro Jaya, pada pukul 21:45 WIB tadi malam, penumpukan di gerbang tol Cikopo masih terjadi. Sementara pada pukul 03:35 WIB Senin dini hari terlihat antrian di pembayaran gardu  tol Palimanan.

Sementara pemudik yang menggunakan sepeda motor berdasarkan data dari TMC Polda Metro Jaya, mulai merayap pada pukul 21:50 WIB malam tadi. Perjalanan di malam hari ini selain lebih padat, juga lebih rawan resiko dan bahaya. “Pola tidur yang tidak teratur kurang dari 6 hingga 8 jam sehari akan membuat kebugaran seseorang menjadi buruk,” imbuh Jusri.

TERKINI