Wuling Almaz Buktikan Mesin Turbo Cukup Irit BBM

Rabu, 13/03/2019 17:11 WIB

mobilinanews (Pangandaran) - Kegiatan media test drive Wuling Almaz bertajuk Almaz Smart Journey 2019 mengambil rute Bandung – Pangandaran – Tasikmalaya selama tiga hari (11-13/3). 

Bersama rekan-rekan jurnalis dari media otomotif lain, Kami berkesempatan merasakan sensasi berkendara bersama Smart Technology SUV ini sekaligus menguji keunggulan teknis di jalan raya sesungguhnya.

Wuling Almaz didukung mesin bensin bertenaga empat silinder berkapasitas 1.500 cc didukung turbo Honeywell, sehingga menghasilkan tenaga maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm.

Performanya ini menjadikan Almaz memiliki torsi terbesar di kelasnya. Kinerja turbo terasa ketika laju dihentak mulai putaran gas 2.500 RPM.

Perpindahan transmisi SUV ini juga terasa halus dengan penggunaan Continuous Variable Transmission (CVT) dari Bosch yang menawarkan 8-speed manual simulated. 

Selain itu, di transmisi ini Almaz juga menyediakan dua mode berkendara, yakni Eco (E) dan Sport (S).

Perjalanan Kami menggunakan Wuling Almaz dari Bandung menuju Pangandaran menempuh jarak sekitar 200 Km.

Menempuh perjalanan selama 6 jam dengan tujuan Pangandaran, Jawa Barat, salah satu yang kami uji adalah konsumsi bahan bakarnya. 

Dengan medan jalan yang beragam, mulai dari jalanan rusak, bebatuan, menanjak bukit yang berkelok ditambah turunan curam.

Hasil perhitungan pada layar MID (Multi Information Display) menunjukkan angka konsumsi BBM mencapai 11,5 km/liter. 

Hasil ini kami nilai cukup irit untuk sebuah mesin bensin dilengkapi turbo yang mempunyai bobot kosong hampir dua ton ini. 

Ditambah kabinnya diisi empat penumpang dewasa dengan rata-rata berat badan 80 Kg plus empat tas ransel besar.
 
Apalagi dalam perjalanan test drive ini cukup banyak momentum untuk menyusul kendaraan di depan sehingga perlu akselerasi lebih cepat dan putaran mesin tinggi. (anto)

TERKINI
Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda Pembuktian Bersama Gresini Racing, Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024 Daihatsu Kumpul Sahabat Beri Apresiasi Erwan Erik, Setia Menggunakan Daihatsu Xenia Selama 12 Tahun Mitsubishi Fuso Hadirkan Part Depo ke-19 di Morowali, Pastikan Kesiapan Suku Cadang di Sulawesi Tengah