Jaga Loyalitas Pelanggan, Auto2000 Perkenalkan Hansa Renkei (Bagian 1)

Rabu, 20/03/2019 20:02 WIB

mobilinanews (Surabaya) - Saat kompetisi semakin tajam di era zaman Now ini upaya untuk  meningkatkan penghasilan dan menjaga loyalitas pelanggan tidaklah mudah.

 Diperlukan strategi yang jitu dan komitmen team yang solid demi tercapainya kepuasan pelanggan, baik di garda depan (frontliner) maupun di bagian belakang (supporting).

 Hal inilah yang dilakukan Auto2000 dengan menerapkan sebuah konsep Hansa Renkei yang sukses pelaksanaannya di cabang Auto2000 HR Muhammad Surabaya, bahkan menjadi  benchmark diler Toyota lainnya di Indonesia.

Hansa Renkei menuntut kolaborasi tanpa kenal lelah antar lini front liner Auto2000 untuk menyajikan layanan terbaik, baik dari tim sales yakni sales advisor maupun tim after sales yang terdiri atas service advisor general repair (GR/perawatan dan perbaikan mobil) dan service advisor body and paint (BP/perbaikan bodi dan cat mobil). 

Pola yang diterapkan membuat tim sales mesti bisa memberikan informasi pada pelanggan untuk melakukan perawatan dan perbaikan mobil di fasilitas bengkel resmi Auto2000.

Sales advisor memegang peran penting di sistem Hansa Renkei karena di tangan sales advisor terdapat database pelanggan yang bisa diolah untuk menyajikan segenap layanan prima Auto2000 yang bisa saja terlewatkan karena pemilik mobil sibuk atau alpa mengatur jadwal.

 Berperan layaknya konsultan, sales advisor mengingatkan pelanggan dan mengatur jadwal kunjungan ke bengkel resmi Auto2000 atau memanfaatkan layanan THS  Auto2000 Home Service untuk memenuhi kebutuhan pengguna Toyota dalam perawatan kendaraan.

 Sentuhan personal yang diterapkan oleh sales advisor diyakini bakal menyentuh hati pelanggan dan membuat mereka nyaman sehingga dengan senang hati menyerahkan perawatan dan perbaikan mobil di Auto2000 HR Muhammad.

Di lain pihak, service advisor bengkel, baik dari GR dan BP, juga wajib punya hubungan personal yang sangat baik dengan pelanggan sehingga bisa mengerti kebutuhan pemilik mobil dalam perawatan kendaraan.

 Pendekatan ini membuat pelanggan selalu mengandalkan layanan Auto2000 terkait perawatan dan perbaikan mobil.

Tumbuhnya kenyamanan dan kepercayaan pelanggan membuat service advisor GR dan BP dapat memberikan masukan pada pelanggan dalam pembelian mobil baru Toyota. 

Seperti bila mobil pelanggan mengalami rusak berat dan harus diperbaiki total, service advisor BP bisa memberikan masukan pada pelanggan untuk melakukan pembelian mobil baru Toyota sebagai pengganti. 

Atau jika usia mobil pelanggan sudah mencapai 5 tahun, service advisor GR bisa memberikan masukan pada pelanggan untuk mengganti mobil baru. (bs)

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Dua Kali Naik Podium, Dypo Fitra Memimpin Klasemen 2024 TCR Asia Series - Cup Drivers Classification Benny Santoso Raih Trofi Juara Pertama TCR Asia Series 2024, Piala Pertama Balapan International Hyundai dan Grab Salurkan Alat Batu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas