H+3 Arus Balik di Jawa Barat Masih Lenggang

Minggu, 19/07/2015 08:11 WIB

mobilinanews.com (Jawa Barat) – H+3 lebaran Idul Fitri, Sabtu (18/7), arus balik dari arah Ciamis hingga Jakarta bisa disebut lenggang. Beberapa mobil dan motor berplat B dan D mulai bergerak kembali dari arah Ciamis dan Tasikmalaya, meski populasinya masih kecil dan belum sebanding dari arus mudik yang masih terjadi. Baca juga H+2 Kemacetan Pemudik Masih Mengular di Jawa Barat.

Beberapa pemudik bersepeda motor yang bergerak meninggalkan kampung halaman nampak masih kurang mengindahkan faktor keselamatan. Di antaranya barang bawaan yang masih cukup banyak, membawa anak batita dan beberapa memacu kendaraan agak tinggi. Situasi ini agak membahayakan, karena dari arah berlawanan banyak pula mobil dan motor yang melanggar lajur jalan akibat kemacetan akut di beberapa titik.

Berdasarkan pengalaman mobilinanews, sepanjang perjalanan dari arah Ciamis hingga Nagreg, kecepatan mobil maksimum hanya 40 km/jam, bahkan acap kali hanya tembus 20 km/jam. Bukan karena kemacetan, namun lebih pada kewaspaan menghadapi pemudik baik mobil dan motor yang bandel melanggar lajur jalur.

Selepas Nagreg, laju mobil mulai bisa dipacu tinggi, karena lajur yang dihadapi hingga Cileunyi dibuat lajur terpisah. Beberapa kali mobil bisa dipacu pada kecepatan 60 – 80 km/jam. Di kawasan Rancaekek, beberapa pemudik bermobil dan motor yang mengarah ke arah Garut dan Tasikmalaya nampak berputar balik. Nampaknya mereka mengetahui kemacetan panjang yang terjadi di jalur selatan untuk arus mudik.

Menjelang pintu tol Cileunyi nampak antrean cukup panjang, namun selepas itu lenggang. Mobil bisa dipacu antara 80 km/jam hingga 120 km/jam hingga kawasan Sadang. Di tol Cikampek, arus lalu lintas juga lenggang. Beberapa kali jarum indikator kecepatan mobil bisa tembus di kecepatan 150 km/jam.

Tetap prioritaskan keselamatan selama berkendara.  

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen