HJSC & HBSC 2019 Dibanjiri Peserta, Ternyata Ini Penyebabnya

Selasa, 09/04/2019 02:12 WIB

mobilinanews (Sentul) – Luar biasa ! Honda Jazz Speed Challenge (HJSC)  & Honda Brio Speed Challenge (HBSC) seri pembuka 2019 yang dilangsungkan di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (7/4/2019) lalu dibanjiri peserta.

Tercatat, 36 peserta mengikuti balapan 1 merek yang telah 14 tahun untuk HJSC & 7 tahun untuk HBSC digelar PT. Honda Prospect Motor itu.

Menariknya, yang ikutan juga para pembalap kenamaan seperti Benny Santoso, Rizal Sungkar, Radityo Mahendra, Avan Abdullah, Sendy Setiawan, Zharfan Rahmadi hingga Fitra Eri.

Sebagian dari mereka tahun lalu tidak ikutan. Di sisi lain, demi alasan menghindari conflict of interest Rio SB yang merupakan salah satu unggulan diputuskan tidak ikut HJSC. Mengingat, dia adalah pembalap Honda Racing Indonesia yang juga penyelenggara event.

Lalu, apa penyebabnya?

“Ada beberapa perubahan terkait regulasi dan menaikkan jumlah hadiah menjadi Rp 700 juta lebih,” ungkap Adhi Parama Sugarda, dari PT. Honda Prospect Motor.

Adhi Parama Sugarda, peraturan baru & hadiah.

Perubahan regulasi itu utamanya pada pemberat tambahan sebesar 75 kg untuk pembalap yang pernah menjadi juara umum kelas Master.

Adanya regulasi tersebut, para pembalap yang selama ini hanya mengintip dari luar akhirnya memutuskan ikutan. Alasannya, menjadi memiliki peluang menjadi pemenang.

Benar juga, Zharfan Rahmadi dari Banteng Motorsport berhasil merebut juara kesatu kelas Master. Karena Fitra Eri yang merupakan juara tahun lalu, terkena peraturan penambahan beban 75 kg.

 Sebelum ini, rasanya berat bagi pembalap muda ini menembus dominasi Fitra Eri dan Rio SB yang seperti bergantian memenangi kelas Master HJSC.

Kemudian, total hadiah meningkat menjadi Rp 700 juta. Juga ada 3 hadiah tambahan untuk Most Improve Lap Time, Most Improve Position & Fastest Lap of the Year dengan hadiah masing-masing  Rp 10 juta.

Serangkaian peraturan baru serta hadiah yang lebih besar terbukti mampu meningkatkan antusiasme dengan meningkatnya jumlah peserta.

Ini membawa warna baru di tengah perlombaan yang semakin kompetitif. Semangat tinggi dari para peserta di seri perdana ini, diharapkan dapat terus dipertahankan hingga akhir musim. (bs)

TERKINI
Wuling Resmi Buka Pemesanan Cloud EV di PEVS 2024, Harga Pre-book Rp410 Juta FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai 60 Juta Dolar GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition BYD Motor Indonesia Tanda Tangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD