H+4 Jalur Selatan Jawa Barat Mulai Dipadati Arus Balik

Senin, 20/07/2015 10:29 WIB

mobilinanews – H+4 lebaran Idul Fitri 2015, Senin (20/7), arus balik mulai terjadi. Meski puncak arus mudik diprediksi baru terjadi Selasa (21/7) dan Minggu (26/7), namun pergerakan arus kendaraan dari arah Jawa Barat menuju Jakarta mulai terlihat.

Berdasarkan data NTMC Polri, kondisi lalu lintas di jalur selatan Jawa Barat dari arah Gentong (kab. Tasikmalaya) menuju Malangbong (kab. Garut) mulai padat merayap cenderung tersendat dengan tingkat kemacetan sudah mencapai sekitar 2 km.  Pada sekitar pukul 10 pagi WIB, kemacetan parah di wilayah kecamatan Ciawi, Tasikmalaya.

Seorang pengguna media sosial twitter @suhanaipb malah menghimbau, “Lalin macet arus balik Ciawi (Tasik)- Malangbong. Hindari lewat Ciawi.”

Selain volume kendaraan yang padat, salah satu tantangan lain di rute jalur selatan Jawa Barat adalah masih ada pemudik yang teledor memeriksa kondisi kelaikan kendaraan atau belum mahir menghadapi kondisi jalan stop and go di jalur tanjakan. Akibatnya banyak mobil dan ada juga bus yang berhenti di sisi jalan, baik karena masalah mesin ataupun kopling yang bermasalah.  

Di tol Cikampek arah Jakarta juga mulai padat merayap. Berdasarkan data dari kementerian perhubungan RI, dari H-7 hingga H+7, jumlah kecelakaan lalu lintas mencapai 1.952 kecelakaan dengan jumlah korban jiwa 403 jiwa. Angka kecelakaan ini turun 4,41 % dibanding periode yang sama tahun 2014.

Tetap waspada selama berkendara dan prioritaskan keselamatan, semoga selamat sampai tujuan.

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen