Hendra Noor Saleh : IIMS Tahun Ini Sungguh Luar Biasa

Rabu, 24/04/2019 06:45 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Figur sentral dalam penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IISOM) tak pelak adalah H. Hendra Noor Saleh.

Apalagi  per awal tahun ini didapuk sebagai Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo.

Terkait Telkomsel IIMS 2019 yang disebutnya puncak kreatifitas, inovasi dan kepercayaan,  mencetak rekor tertinggi sponsorship hingga misi 4.0 semakin mendekati kenyataan, disampaikan kepada Mobilinanews di Jakarta,  belum lama ini. 

Berikut petikan wawancaranya. 

Bagaimana penyelenggaraan IIMS tahun ini di mata Anda? 

Kami merasa, penyelenggaraan pameran otomotif IIMS tahun ke-5 dengan cita rasa baru adalah puncak kreatifitas, inovasi dan kepercayaan. 

Untuk pertama kali di IIMS dan juga pameran otomotif di Indonesia, perusahaan provider seluler ternama dan terbesar Telkomsel mempercayakan titel sponsor.

Ini sungguh luar biasa. Penghargaan setinggi-tingginya untuk Telkomsel. 

Apalagi inovasi lainnya?

Ada Shopee juga salah satu e-commerce terbesar, paling tidak 3 besar di Indonesia menjadi official e-commerce dan exclusive online ticketing partner.

Shopee sebagai perusahaan e-commerce Unicorn, nyaris Decacorn, sangat kuat di lifestyle. Masuknya Telkomsel & Shopee, misalnya, membuat misi penerapan 4.0 pada sebuah pameran otomotif semakin dekat dengan kenyataan.

Kemudian, tetap ada perusahaan rokok PT Gudang Garam melalui Intersport dengan Drift Academy, group pembiayaan terbesar dari BCA Group serta para sponsor lain yang sangat banyak jika saya sebutkan satu per satu.

Kepercayaan dari industri yang demikian besar menjadi beban dan tanggung jawab agar apa yang diharapkan pada Telkomsel IIMS 2019 ini, bisa sesuai kenyataan, syukur bisa melebihi.  

Padahal IIMS dengan citarasa baru menggabungkan beberapa elemen ini sempat diragukan?

Iya, benar sekali. Banyak komentar dan kritik ketika kami menggelar IIMS dengan konsep baru. Banyak yang ragu, apa jadinya campur-campur. Ada mobil klasik, mobil custom dan yang lain.

Kini gabungan elemen otomotif jadi barometer & inspirasi pada motor show di berbagai negara di dunia. 

Semua elemen, dari media dan tim Dyandra Promosindo yang rata-rata milenials yang selalu lahirkan inovasi dan sanggup melakukan improvement. Sehingga sangat banyak acara di IIMS kali ini.

Bagaimana agar Telkomsel IIMS bisa menjadi destinasi penggemar berbagai elemen otomotif ini?

Makanya kami mengusulkan dibuatkan tour VIP, agar bisa menikmati IIMS secara lengkap. Karena kami yakin datang sehari tak bakal cukup. Mau belanja aksesoris mobil, ada PAHAMI Village yang tahun ini mengambil full 2 hall.

Kemudian ada unsur maritim yang dikoordinir bung Nino dan kawan-kawan. Sebagai wujudkan misi Indonesia sebagai negara maritim. Karena kami perhatikan motor show di luar negeri, menampilkan yacht  (kapal layar ringan) itu sudah jamak.

Elemen tertentu yang memiliki mesin dan penggerak seperti otomotif, kami coba di IIMS. Ternyata mendapat sambutan yang luar biasa. 

Juga penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Agen Pemegang Merek (APM) baik roda empat maupun roda dua. Jumlahnya sangat banyak, bahkan untuk roda dua sendiri jumlahnya puluhan brand. 

IIMS juga selalu menampilkan kreasi anak bangsa, dari para mahasiswa. Bagaimana tahun ini?

Iya, tahun ini tak tanggung-tanggung kami menghadirkan 11 universitas tidak hanya dari Pulau Jawa, tetapi juga dari daerah lain. Semua universitas ini menampilkan karya mobil listrik.

Mereka ini tidak sembarang mahasiswa lho. Bahkan ada universitas yang mengikuti kompetisi di Osaka, Jepang dengan biaya sendiri dan menang. 

Kalau di luar negeri saja mereka diapresiasi, masak di negeri sendiri malah tidak? Maka itu, IIMS menyediakan wadah kompetisi antar mereka. 

Mereka ini bakal menjadi orang-orang hebat, pengusaha, mungkin petinggi di APM dan lain-lain  yang mengenang pernah berkiprah di IIMS. Jadi tidak semua harus dengan pertimbangan komersial.

Oya, Anda tadi menyebut Telkomsel mencetak rekor tertinggi sponsorship di IIMS, boleh tahu bocorannya?

Wah, kalau yang ini rahasia dapur, nggak berani dong. Yang jelas, kami mencoba bersikap terbuka kepada semua calon klien.

Apakah Bukalapak yang tahun lalu menjadi  titel sponsor tahun lalu tidak tertarik? Kami pastikan, juga tertarik.Tetapi, ketika peminat lebih dari satu kan ada mekanismenya. Ada semacam pitching. 

Kami sempat nego dengan Bukalapak, kemudian kami tunjukkan bahwa peminat lain menyanggupi dengan angka sekian. Kami sampaikan berani nggak di atasnya, itu yang terjadi.
    
Ya, kami memohon maaf, dan mohon tidak ada hard feeling ya. Karena masih ada kesempatan berikutnya.  

Kenapa harga tiket tidak naik?

Kami sudah perhitungkan, dengan harga tiket sama dengan tahun lalu, kami ingin mendapatkan volume pengunjung. Namun juga tidak berniat menurunkan harga tiket, karena justru akan membuat tanda tanya besar bukan. 

Dengan berbagai elemen yang semakin komplit, seberapa besar target pengunjung dan transaksi?

Kami optimis, Telkomsel IIMS 2019 akan dibanjiri pengunjung. Yang tertarik dengan perkembangan terbaru mobil dan motor tetap akan datang ke IIMS.

Namun dengan adanya elemen baru seperti maritim, parade & talk show pembalap 3 generasi, offroad, truk raksasa hingga Drift Academy juga memiliki penggemar tersendiri yang jumlahnya tidak sedikit.

Target pengunjung juga optimis tercapai, demikian pula target transaksi Rp 5 triliun insyaallah bisa tembus. Tahun lalu, nilai transaksi yang terjadi mencapai Rp 4,8 triliun. (budi santen)     
 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap