3 Tahap Kembalikan Stamina Mobil Paska Mudik

Jum'at, 24/07/2015 19:48 WIB

Mobilinanews.com (Jakarta) - Libur mudik lebaran telah usai, pekerjaan rumah selanjutnya adalah me-recovery kondisi tubuh agar kembali fit beraktifitas. Namun yang tak kalah penting yaitu mengembalikan vitalitas mobil setelah melibas perjalanan jauh.

"Mudik identik dengan kemacetan panjang dengan durasi mesin yang di push kerja ekstra berat lebih lama. Jika mobil bisa teriak pasti ia akan menjerit. Makanya mobil perlu dimanjakan pasca mudik, khususnya perawatan sektor interior,eksterior dan pastinya mesin," ujar Usman Adie, Marcom General Manager PT Tunas Ridean Tbk kepada mobilinanews,

3 langkah yang perlu dilakukan guna mengembalikan stamina mobil menurut pria yang melekat sebagai jagoan mesin spesialis Toyota ini, diantaranya :

Cuci bersih kabin mobil. Jika membersihkan sendiri gunakan vacum cleaner, sikat dan sabun. Sisa mekanan yang tertinggal berpotensi timbulkan bakteri dan kuman. Selain itu kecoa juga turut menikmati dan menyisakan bau yang tidak sedap. Bisa juga gunakan pewangi mobil yang mengandung anti bakteri.

Bawa mobil ke tempat pencucian yang bisa lift-up (angkat) sehingga bisa membersihkan kotoran yang melekat di kaki-kaki dengan air bertekanan tinggi. Air tekanan tinggi akan merontokan kotoran yang berpotensi mengurangi kinerja suspensi dan kaki-kaki. Setelah itu lakukan spooring dan balancing.

Mesin adalah bagian utama yang  bekerja paling keras saat mudik lebaran. Perawatanya bisa dimulai dengan menguras radiator dan gunakan water coolant. Cek ruang mesin apakah terdapat rembesan oli atau tidak, jika ada pastikan asal kebocoran dan lakukan perbaikan di bengkel resmi. Jika mau lebih optimal lakukan tune-up mesin dan mengganti oli meskipun belum waktunya ganti oli.

Dengan melakukan 3 perawatan diatas, mobil kesayangan anda akan kembali tersenyum.

TERKINI
Motor Benelli Leoncino 250 Dijual Nyaris Seharga Motor 155 Cc, Harga Mulai Rp30 Jutaan! AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata