Wow, Legenda F1 Ini Pecahkan Rekor Waktu Type R Challenge di Australia

Jum'at, 10/05/2019 21:08 WIB

mobilinanews (Melbourne) – Honda Australia mencetak sejarah di sirkuit balap Mount Panorama, Bathrust, Australia dengan memecahkan rekor lap time baru.

Jenson Button sebagai juara dunia F1 2009, juara Super GT Series 2018 sekaligus brand ambassador Honda, menggeber Civic Type R mencetak waktu 2 menit 35,207 detik (2:35,207).

Mount Panorama dikenal sebagai tempat balap motor Bathrust 1000 setiap bulan Oktober. Trek sangat menantang bagi setiap pengendara, yang sebenarnya adalah sirkuit jalanan karena biasa dipakai jalan umum.

Sirkuit Mount Panorama memiliki panjang 6.213 km dengan 23 tikungan dan selisih 174 meter dari titik terendah hingga tertinggi, serta tingkat kecuraman 1:6 atau lebih dari 16%.

Button telah memegang rekor lap time dengan 1:48,8 menit dengan mobil F1 di  Australia Grand Prix tahun 2011 lalu. Kini ia kembali dipilih sebagai pembalap yang memecahkan rekor lap time Civic Type R.

Ajang time attack di Bathrust terinspirasi dari kompetisi “Type R Challenge 2018”, di mana tim Honda yang terdiri dari 5 pembalap.

Honda Civic Type R berspesifikasi standar pada berbagai trek legendaris Eropa. Rekor tersebut memecahkan rekor kecepatan sebelumnya dipegang Civic Type R generasi terdahulu.

Perayaan ulang tahun ke-50, Honda Australia mengangkat konsep serupa untuk membuktikan performa Civic Type R di sirkuit balap.

Ini adalah pertama kali Type R Challenge diadakan di luar Eropa dan sirkuit Mount Panorama adalah salah satu trek yang dinilai cocok menguji kemampuan generasi terbaru Civic Type R.

Jenson Button dipilih sebagai pembalap yang sebelumnya mengikuti Type R Challenge 2018 di Eropa, dengan lap time 2:10,19 menit di Sirkuit Hungaroring Grand Prix di Hungaria.

Ia telah memecahkan rekor dari lap time sebelumnya di lokasi yang sama saat ia memenangkan kejuaraan F1 Grand Prix pertamanya bersama tim Honda pada tahun 2006.

“Sirkuit Mount Panorama memiliki keunikan tersendiri sehingga menjadi suatu keistimewaan bagi tim Honda Australia mengikuti tantangan time attack di sini  bersama Civic Type R” ujar Stephen Collins, Direktur Honda Australia.

Honda Civic Type R mencatatkan sejarah di kancah otomotif Australia pada tahun 2018 sebagai mobil pertama yang memenangkan 2 penghargaan sekaligus.

Yakni Performance Car of the Year dan  Bang for Your Bucks dari MOTOR Magazine setelah Civic Type R mencatat lap time baru di Sirkuit Winton Motor Raceway. (bs)

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing