Standar Pengecekan Kendaaran di Hyundai Pasca Mudik

Sabtu, 25/07/2015 10:18 WIB

mobilinanews.com (Jakarta) – Saat artikel ini diturunkan, arus balik libur lebaran Idul Fitri 2015 masih berlangsung di sejumlah wilayah. Hal ini dikarenakan, pada hari Senin lusa (27/7), beberapa aktivitas perkantoran dan sekolah baru kembali dimulai.

Terkait hal itu, mobilinanews khusus mewancarai Agung Pramono, Workshop Head dari Hyundai Ciputat. Temanya tentu hal-hal apa saja yang harus atau sebaiknya dilakukan para pemilik kendaraan pasca aktivitas mudik. Berikut hasil wawancaranya...



 

 

 

 

 

mobilinanews (m) : Apakah yang harus diperhatikan dan kendala pada umumnya terjadi pada kendaraan pasca mudik? Apakah ada perbedaan perlakuan untuk kendaraan usia 0-3 thn(misal Hyundai Tucson),untuk usia 3-5thn(misal Hyundai Grand Avega) dan di atas 5 tahun(misal Hyundai Avega)?

Agung Pramono (AP) : Secara umum perhatian terhadap kendaraan pasca mudik sama.
Untuk kendaraan usia 0-3 tahun, standar pengecekan dilakukan pada kondisi cairan di kendaraan, meski tetap ada beberapa perbedaan. Di antaranya oli mesin,transmisi,power steering,cairan rem dan kopling, serta air radiator.

Berikut penjelasan singkat mengenai standar pengecekan di Hyundai:

-    Kondisi oli mesin(pastikan levelnya cukup tidak kurang dari level F di stick oli) jika kurang sebaiknya ditambah dulu jika kondisi sudah jelek(warna oli sudah hitam/keruh) sebaiknya diganti.
-    Kondisi air radiator (pastikan levelnya cukup tidak kurang dari level F di tabung radiator). jika kurang sebaiknya ditambah jika sudah jelek/(warna air keruh/kecoklatan) sebaiknya diganti.
-    Kondisi minyak rem dan kopling (pastikan levelnya cukup tidak kurang dari level F di tabung minyak rem & kopling). Jika kurang sebaiknya ditambah jika sudah jelek (warna sudah hitam) sebaiknya diganti.
-    Kondisi battery (kondisi air & terminal battery). Jika air accu kurang sebaiknya ditambah jika kondisi terminal(kendor /kotor) perbaiki/bersihkan.
-    Untuk pengecekan kondisi oli transmisi automatic lakukan dalam kondisi mesin hidup dan posisi tuas transmisi “Netral”. Pastikan level oli tidak kurang dari level hot.
-    Kondisi brake pad depan belakang.

Untuk usia 3-5 tahun sama seperti pengecekan di atas, namun ditambah pengecekan kondisi v-belt ,motor fan serta kondisi suspensi shock absorber, tie rod, bush arm dll. Serta periksa kondisi ban.

Untuk usia kendaraan di atas 5 tahun sama seperti pemeriksaan di atas, ditambah pengecekan selang-selang dan pipa radiator boot driveshaft, kondisi disc brake, serta kondisi timing belt,kopling dan jangan lupa periksa lampu-lampu kendaraan dan karet wiper.

m : Hal apa yang biasanya luput dari perhatian pemudik pada kondisi kendaraan pasca mudik dan bagaimana tips mengatasinya?
AP: Kondisi suspensi dan bushing-bushing, serta ban pada kendaraan yang umumnya luput dari perhatian pemilik kendaraan, karena posisinya di bagian bawah kendaraan.

Untuk mengatasinya lakukan spooring & balancing, supaya dapat terlihat kelainan di sistem suspensi, serta kondisi bushing-bushing pada kendaraan karena pada proses spooring akan terlihat kalo ada kelainan pada sistem suspensi dan bushing-bushing pada kendaraan.

m : Berapa range/rentang biaya perawatan kendaraan pasca mudik dan biaya tersebut meliputi apa saja?
AP : Untuk perawatan pasca mudik bisa dilakukan general check dengan biaya sekitar Rp 200 ribu.Dari hasil general check tersebut akan dapat kita ketahui kelainan apa saja yang terdapat pada kendaraan, sehingga kita dapat mengatur apa saja yang kita perbaiki lebih dahulu.

Atau lakukan perawatan berkala sesuai kilometer sehingga kita dapat mengetahui keseluruhan kondisi kendaraan.

Dengan range biaya Rp 700 ribu – Rp 2 juta (tergantung tipe unit & kilometer)sudah dapat paket perawatan menyeluruh terhadap kendaraan, di antaranya ganti oli mesin, engine tune up, service rem, dan lain-lain. Dapatkan discount khusus untuk perawatan berkala yang masih berlaku, hingga December 2015, yaitu diskon jasa 20% ,part 25% serta oli 10% untuk kendaraan berusia di atas 8 tahun,serta diskon jasa 15%, part 20% serta oli 5% untuk kendaraan usia di bawah 8 tahun(syarat & ketentuan berlaku).

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen