Ini Sebab Hankook Tak Gaspol di Pasar Domestik

Selasa, 14/05/2019 22:06 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Fans balap turing terkenal, DTM, maupun pecinta sepakbola Jerman, pastinya sudah akrab dengan brand Hankook

Produsen ban asal Korea ini memang banyak berpromosi lewat kedua event itu. 

Bahwa banyak pemilik mobil di Indonesia belum sempat merasakan performanya, itu soal lain dan ada ceritanya. 

Hankook memang belum meraja di pasar domestik. OE atau Official Equipment mereka pun baru terbatas pada beberapa mobil yang diproduksi di Indonesia.

Soal 'kelangkaan' itu tak lain karena orientasinya memang pasar ekspor.

Sejak membangun pabrik di Indonesia (pabrik Hankook ke-7 di seluruh dunia) pada 2013 dan diresmikan Presiden SBY, produksinya memang diarahkan ke luar.

Saat itu pun sudah diyakini produksi ban Indonesia punya kans bersaing di pasar internasional antara lain karena karet alam Indonesia sebagai bahan baku utamanya punya kualitas lebih baik dibanding karet negara lain.

Kini setelah 6 tahun berproduksi, Hankook mampu membuat 12 juta unit ban per tahun.

Hebatnya, 92% diekspor ke luar Indonesia. Tersisa hanya 8% buat pasar domestik.  

"Karena itu kami memang belum agresif di pasar nasional. Skalau produksinya memang masih terbesar ekspor," kata Apriyanto Yuwono, National Sales Manager Hankook Indonesia.

Hal ini diungkapkannya kepada Mobilinanews, di sela acara Media Breakfasting di Jakarta pada Selasa (14/5) malam. 

Ke depan, katanya, Hankook tentu juga berkeinginan mendongkrak angka 8% domestik itu seiring dengan pengenalan publik terhadap produk ini.

"Banyak yang belum pernah mencobanya. Kalau sudah coba baru tahu kualitasnya. Harga juga kompetitif dibandingkan dengan brand lain. Kami optimistis pasar dalam negeri masih akan tumbuh," ujarnya. 

Seperti harapan pemerintah saat peresmian 6 tahun lalu, setidaknya kini sudah terlihat manfaat pendirian pabrik Hankook di Indonesia.

Mengolah karet alam Indonesia dan saat sama mendatangkan devisa buat negara. Selamat! ( rnp)

TERKINI
3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya IMI Pusat Menyurati Ketua IMI Nusa Tenggara Barat Terkait Pembatalan MXGP 2024 di Sumbawa dan Lombok, Ini Alasannya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta