Tips Mudik: Menata Barang Bawaan di Mobil Jenis MPV

Minggu, 19/05/2019 21:45 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Momen mudik Lebaran banyak dimanfaatkan sebagian besar masyarakat Indonesia untuk berkendara bersama keluarga.

Selain mengajak serta segenap anggota keluarga, tak lupa barang bawaan termasuk perbekalan yang juga turut dibawa di dalam kabin mobil.

Enaknya pakai mobil MPV, punya kapasitas tujuh penumpang yang terbagi dalam tiga baris. Umumnya berformasi 2+3+2.

MPV berkapasitas besar kerap mampu menyisipkan ruang untuk barang bawaan berdimensi besar seperti koper di area paling belakang kabin.

Keuntungan MPV modern kekinian, jok baris paling belakang bisa dilipat rebah dengan format 50:50, artinya kapasitas dua orang di baris paling belakang setengahnya bisa dimuati barang.

All New Toyota Sienta, punya pelipatan jok paling belakang yang unik. Bukan melipat ke samping atas atau ke depan seperti model MPV Toyota lainnya.

Namun melipat ke depan dan masuk ke kolong jok baris kedua. Artinya, ruang untuk bagasi bisa lebih maksimal lagi.

Apalagi Toyota Sienta punya Head-room lega yang merata hingga kabin paling belakang. Ditambah bukaan pintu bagasi membuka ke atas 90 derajat jadi tambah maksimal untuk akses memuat barang masuk kabin belakang.

Penataan barang-barang pun lebih leluasa. Disarankan untuk barang-barang kecil agar tidak tercecer berantakan di bagasi ketika berkendara, agar dikelompokkan.

Bisa disatukan berdasarkan jenis dan bobotnya. Penggunaan keranjang atau wadah kontainer yang umumnya berbahan plastik keras bisa dimanfaatkan.

Peranti ini banyak dijual di toko perkakas. Lalu sebagai pengamannya bisa menambahkan peranti yang jadi aksesoris kabin mobil, yakni Cargo Net.

Banyak dijual sebagai komponen aftermarket pelengkap di toko aksesoris. Manfaatnya mencegah barang-barang keluar dari kabin bagasi begitu pintu paling belakang dibuka.

Simpel dan mudah diterapkan. Selamat mudik nyaman dan aman. (anto)

TERKINI
GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition PT BYD Motor Indonesia Tanda Tangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan PT Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD Ingin Tampil Beda, Ini Referensi Modifikasi Wuling Air EV dari Tomi Airbrush 3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus