F1 Monaco: Verstappen Sempat Bikin Duo Mercedes Berdebar

Sabtu, 25/05/2019 22:01 WIB

mobilinanews (Monte Carlo) - Pembalap Red Bull Max Verstappen bikin suasana kualifikasi GP Monaco, Sabtu (24/5), riuh dan tegang. 

Ia tampil sangar di sesi Q2, tercepat dengan waktu 1:10,618 sekaligus mengirim duet Mercedes ke urutan 2 dan 3.

Itu membuat sesi Q3 sekaligus perebutan pole position sangat menegangkan. Maklum, pole sitter di trek Monte Carlo sangat vital karena minimnya spot untuk saling menyalip.

Sayang, di sesi itu Verstappen harus akui performa Mercedes. Pada run ke-1 Valyteri Bottas langsung bikin waktu 1:10,252, Hamilton 1:10,483 sementara Verstappen hanya 1:10,641 dan berada di urutan 3.

Pada run 2, Hamilton kerahkan kemampuan terbaik seperti pengakuannya belakangan dan cetak waktu 1:10,166. Bottas dan Verstappen tak bisa lebih baik.

Raih pole membuat Hamilton sangat atraktif menunjukkan kegembiraan, sampai loncat ke pagar untuk menyapa peninton. Start terdepan setidaknya peluang menang lebih terjamin.

"Saya sangat senang. Ini pole yang saya impikan. Fantastis, di run 2 saya bertarung benar-benar sampai limit kemampuan mobil. Ini mobil hebat," ucap Hamilton yang sebelumnya baru sekali meraih pole di Monaco, 2015, dan kali ini sukses membuat rekor kecepatan baru di Monte Carlo.

Bottas sendiri mengaku sedikit kecewa. Ia tak bisa kembangkan speed di kesempatan final karena terganggu traffic di lintasan. 

Ia hanya kalah 0,086 dari sejawatnya. Sementara Verstappen mengaku harus terima kenyataan mobilnya belum mampu imbangi lawan. 

"Tapi jarak kami sangat dekat dan saya tetap optimis menyongsong balapan (Munggu, 26/5)," ujar driver Belanda itu yang digadang-gadang bisa memecah tren finish 1-2 Mercedes yang terjadi di 5 seri awal. 

Urutan 4 start dihuni Sebastian Vettel (Ferrari) dan seterusnya sampai 10 Besar adalah Pierre Gasly (Red Bull), Kevin Magnuson (Haas), Daniel Ricciardo (Renault), Daniil Kvyat (Toro Rosso Honda), Carlos Sainz (McLaren), dan Alexander Albon (Toro Rosso Honda). (rnp)

TERKINI
Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi, Solidaritas Tiada Batas! Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2024: Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik di Indonesia Pameran PEVS 2024: Bluebird Tambah Taksi Listrik! Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2024: Digelar Mulai 30 April - 5 Mei