Honda & Yamaha Di Balik Matinya Balap Motor IRS di Sentul

Rabu, 29/05/2019 14:06 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Belum ada titik terang soal kelanjutan penyelenggaraan balap Indospeed Race Series (IRS), membuat berbagai pihak bersedih.

Pasalnya, IRS yang digagas begawan balap motor Indonesia, almarhum Bambang Gunardi sebagai jenjang dari motor bebek ke motorsport sebelum ke ajang MotoGP.

Kini dengan belum ada kepastian kelanjutan event tersebut, disebutnya sebagai kematian balap motorsport di Indonesia.

"Iya, kami masih kesulitan mendapatkan sponsor," ujar Stevi Gunardi, putra Bambang Gunardi yang melanjutkan peran sang ayah di IRS. 

Namun secercah harapan mencuat dari Sentul International Circuit (SIC).

"Kami masih upayakan IRS bisa berlangsung. Sayang kan IRS telah menjadi agenda kejurnas balap motor khususnya kelas motorsport di Sentul dan menjadi jenjang untuk balap ke Moto 3, Moto 3 hingga MotoGP untuk pembalap Indonesia," ujar Lola Moenek, General Manager SIC.

Menurut Lola, agar seri IRS bisa kembali bergulir dibutuhkan sekitar Rp 300 juta per seri.

Dan itu hanya bisa berlangsung jika ada sponsor yang bersedia membranding event yang telah berlangsung 7 tahun tersebut seperti pada tahun-tahun sebelumnya. 

Yang memiliki kepentingan besar tentu 2 pabrikan besar roda dua yakni Honda dan Yamaha. Keduanya memiliki program pembinaan pembalap hingga ke jenjang balap dunia MotoGP.

Kalau untuk event sepenting IRS saja mereka tidak mau mensupport, perlu dipertanyakan lagi komitmen pembinaan Honda dan Yamaha.

Kalau dalihnya sudah ikutan ARRC (Asia Road Racing Championship), juga kurang pas.

Apalagi, mulai tahun ini, event balap yang konsepnya mirip IRS tersebut tidak lagi mampir ke Sentul International Circuit. 

Artinya, jika ARRC digelar di SIC, seluruh potensi pembalap yang di sini bisa ikut terlibat untuk menambah jam terbang. 

Namun yang terjadi, IRS berhenti bergulir dan ARRC pun tidak mampir.  (bs)

  

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok